TC Hillers Maumere, Rumah Sakit Pertama di NTT yang Tampilkan Ketersediaan Tempat Tidur

0
359
TC Hillers Maumere, Rumah Sakit Pertama di NTT yang Tampilkan Ketersediaan Tempat Tidur
Tampilan dashbosrd ketersediaan tempat tidur secara online di RSUD TC Hillers Maumere
Maumere-SuaraSikka.com: Untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), RSUD TC Hillers Maumere terus melakukan pembenahan sistem informasi ketersediaan jumlah tempat tidur rawat inap.
Adanya dashboard ketersediaan tempat tidur online menjawab kebutuhan peserta JKN-KIS dan masyarakat untuk dapat mengakses informasi ketersediaan tempat tidur online di mana pun dan kapan pun hanya dengan mengakses website yang tersedia.
“Dashboard ketersediaan tempat tidur secara online merupakan program yang sudah lama kami inginkan. Dan di bulan ini baru dapat kami realisasikan. Kami tentu senang sekali bisa memberikan informasi yang transparan kepada seluruh masyarakat untuk tahu ketersediaan tempat tidur di RSUD TC Hillers. Dengan adanya transparansi ketersediaan tempat tidur yang bisa diakses publik, maka masyarakat atau peserta JKN-KIS tidak akan mencurigai manajemen rumah sakit. Kami kuatir nanti ada orang yang mencurigai kami, ada kamar tetapi kami sembunyikan. Tapi dengan aplicares ini semua orang bisa melihatnya. Peningkatan terus kami upayakan terutama dalam hal sarana dan prasarana,” ungkap Direktur RSUD TC Hillers Clara Y Francis, pada akhir Oktober lalu.
Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa program ini merupakan bridging sistem antara Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) atau aplikasi bantu di rumah sakit dengan aplikasi Aplicares BPJS Kesehatan.
Dengan demikian, katanya, bukan hanya peserta JKN-KIS di rumah sakit saja yang dapat mengakses dashboard ketersediaan tempat tidur secara online, namun semua masyarakat melalui aplikasi Aplicares BPJS Kesehatan melalui tautan faskes.bpjs-kesehatan.go.id/aplicares.
Dia menambahkan bahwa timnya tentu akan terus berkomitmen untuk meng-update ketersediaan tempat tidur di ruangan secara tepat waktu sehingga apa yang ditampilkan di dashboard sudah sesuai kondisi di ruangan, sehingga terciptanya transparansi.
Sementara itu menyambut kabar baik tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Maumere Santy Parulian memberikan apresiasi kepada RSUD TC Hillers yang telah melakukan peningkatan kualitas pelayanan peserta program JKN-KIS.
“Kami juga masih terus mengajak 6 rumah sakit lagi di wilayah kerja Kantor Cabang Maumere untuk dapat menerapkan dashboard ketersediaan tempat tidur,” tutur Santy.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini