Peningkatan Fasilitas Bandara Frans Seda, Pemerintah Diminta Siapkan Lahan 75 Hektar

0
214
Peningkatan Fasilitas Bandara Frans Seda, Pemerintah Diminta Siapkan Lahan 75 Hektar
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhububungan Polana Banguningsih Pramesti
Maumere-SuaraSikka.com: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara berjanji meningkatkan fasilitas pelayanan di Bandara Frans Seda Maumere. Syarat utamanya pemerintah daerah diminta siapkan lahan seluas 75 hektar.
Hal ini dikemukakan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhububungan Polana Banguningsih Pramesti, Minggu (29/12), di Bandara Frans Seda Maumere. Dia berada di Maumere dalam rangka monitoring Posko Natal dan Tahun Baru.
Menurut dia, dari paparan singkat Kepala Bandara Frans Seda Poltak Gordon, sesungguhnya fasilitas di Bandara Frans Seda sudah cukup memadai. Bandara ini memiliki panjang runway 2.300 meter, terminal 3.000 meter, dengan apron yang bisa menampung 4 pesawat.
Namun katanya, masih ada kekurangan fasilitas, terutama yang lebih terkait dengan masalah safety. Terhadap kekurangan fasilitas, jika perlu ditingkatkan maka dia mengharapkan partisipasi pemerintah daerah untuk menyediakan laham seluas 75 hektar dalam upaya memenuhi aspek safety.
Polana Pramesti mengatakan APBN tidak mengalokasikan anggaran pengadaan lahan dan biaya ganti rugi. Dengam demikian semuanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah melalui APBD Kabupaten.
“Kalau sudah ada lahan, kami akan bangun fasilitas dengan biaya APBN,” ujar dia.
Jika ada peningkatan fasilitas seperti daya dukung landasan dan utifikasi terminal, dia memastikan jam operasi di Bandara Frans Seda dengan sendirinya akan bertambah. Dia meyakini Bandara Frans Seda bisa dilayani pesawat jenis Boeing 737.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini