Taka Embo Mina, Daratan di Tengah Laut Lepas, Destinasi Baru di Sikka

0
338
Taka Embo Mina, Daratan di Tengah Laut Lepas, Destinasi Baru di Sikka
Pengunjung menikmati daratan di laut lepas pada Taka Embo Mina di perairan Laut Flores, Selasa (31/12)
Maumere-SuaraSikka.com: Sebuah destinasi baru di perairan Laut Flores di Kabupaten Sikka. Muncul daratan di tengah laut lepas, di perairan yang biasa disebut Taka Embo Mina.
Lokasinya terletak persis di belakang Kantor KCBS Kelurahan Wailiti Kecamatan Alok Barat. Dari pinggiran pantai diperkirakan sekitar 4-5 kilometer ke destinasi ini.
Daratan di tengah laut lepas itu akan muncul setiap kali air surut. Jika air benar-benar surut, pasir putih yang indah akan tampak kelihatan. Kedalaman laut hanya beberapa centimeter saja, setinggi di bawah lutut orang dewasa.
Areal daratan di tengah laut lepas ini cukup luas. Dia tidak berbentuk memanjang, tetapi membentuk semacam lingkaran yang tidak beraturan.
Taka Embo Mina, Daratan di Tengah Laut Lepas, Destinasi Baru di Sikka
Suasana daratan di lautan lepas
Media ini mendatangi Taka Embo Mina pada Selasa (31/12). Berlayar bersama sebuah motor laut kapasitas 10 penumpang, cukup butuh waktu setengah jam dari Kampung Buton. Sekitar pukul 08.00 Wita, kira-kira 20-30 orang sedang asyik menikmati destinasi itu. Para pengunjung makin ramai berdatangan, baik melalui Pelabuhan Wuring dari arah timur, dan melalui Nangahure dari arah barat.
Indriana, seorang pengunjung mengaku mengetahui destinasi itu setelah membaca pada facebook. Dia pun tertarik mendatangi destinasi yang unik tersebut. Gadis belia ini menikmati sungguh fenomena yang langka ini.
Taka Embo Mina, Daratan di Tengah Laut Lepas, Destinasi Baru di Sikka
Indriana
Kurang lebih 100 orang yang pagi itu melepas kegembiraan di Taka Embo Mina. Mereka tampak asyik bermain-main dengan laut dan pasir putih. Berenang, foto-foto, selfie, menjadi pemandangan tersendiri pada daratan di tengah laut lepas itu.
Areal Taka Embo Mina yang dangkal dan berpasir putih itu, sebenarnya sudah diketahui sudah sejak lama. Perahu motor, kapal motor, kapal ikan bahkan sampan kecil, tidak berani melintasi areal ini karena kuatir bisa karam. Mereka selalu menghindar dari areal ini, dan memilih jalur di bagian utara atau selatan Taka Embo Mina.
Taka Embo Mina belakangan menjadi viral, setelah dimunculkan di facebook. Pasir putih yang indah menjadi daya pikat tersendiri bagi pengunjung. Inilah yang membuat hampir setiap pagi selama satu minggu terakhir ini, Taka Embo Mina dibanjiri pengunjung.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini