Siasati Krisis Air Bersih, Kades Parumaan Bagi 61 Profil Tank untuk Warga Pangabatang

0
37
Siasati Krisis Air Bersih, Kades Parumaan Bagi 61 Profil Tank untuk Warga Pangabatang
Kepala Desa Parumaan Muhdir menyerahkan bantuan profil tank kepada warga Pangabatang, Sabtu (11/1)
Maumere-SuaraSikka.com: Sebuah kebijakan pro rakyat diperlihatkan Muhdir, Kepala Desa Parumaan di Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka. Dia membagikan 61 profil tank dalam rangka menyiasati krisis air bersih yang dialami warga Pangabatang di Dusun Parumaan C.
Profil tank berukuran 650 liter dibagikan Sabtu (11/1) kepada 61 kepala keluarga yang ada di Pangabatang. Penyerahan profil tank ini disaksikan Ketua BPD Parumaan Hasan Basri, Kepala Dusun Parumaan C Soedomo, dan warga penerima bantuan.
Muhdir mengaku prihatin dengan kondisi 243 warga Pangabatang yang mengalami krisis air bersih. Selama ini warga terpaksa mengambil air bersih dari Desa Kojadoi atau Desa Kojagete. Jika menggunakan perahu kecil yang didayung, butuh waktu dua jam ke sumber air di dua desa tersebut. Itu pun warga hanya mampu membawa pulang 5-10 liter air bersih.
Siasati Krisis Air Bersih, Kades Parumaan Bagi 61 Profil Tank untuk Warga Pangabatang
Puluhan profil tank siap dibagikan ke warga Pangabatang
Hujan deras, gelombang pasang, dan cuaca ekstrim akhir-akhir ini, kian menyulitkan warga Pangabatang mendapatkan air bersih. Warga terpaksa memanfaatkan air tadah hujan. Namun warga masih kewalahan karena minimnya sarana tadah hujan, kecuali dengan menggunakan ember, jeriken, serta penampung air alakadarnya.
“Mereka sering sekali mengeluh ketiadaan air bersih. Apalagi musim hujan dengan cuaca ekstrim begini warga tidak berani ke Kojadoi atau Kojagete,” terang Muhdir kepada media ini, Sabtu (11/1).
Melihat mirisnya nasib warga Pangabatang, Muhdir kemudian mengambil kebijakan pengadaan 61 profil tank untuk 61 kepala keluarga di Pangabatang. Dia mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp 67.100.000.
Kebijakan ini mendapat dukungan penuh BPD setempat. Hasan Basri selaku Ketua BPD Parumaan menghadiri seremoni pembagian profil tank sebagak bentuk dukungan dan tanggung jawab. Warga Pangabatang memberikan apresiasi atas kebijakan tersebut.
“Meski belum mengatasi krisis air bersih secara total, setidaknya bantuan ini bisa mengurangi penderitaan warga. Ke depan saya bisa pastikan Pangabatang tidak akan bermasalah lagi dengan air bersih,” yakin dia.
Sebelum memberikan bantuan profil tank, Pemdes Parumaan juga telah menyerahkan bantuan 30 sampan fiber kepada warga Pangabatang. Sampan fiber itu sebagai sarana untuk menangkap gurita. Untuk warga yang belum dapat bantuan sampan fiber, Muhdir berjanji akan merealisasikan di tahun 2020 ini.
Sebagaimana diketahui, Dusun Parumaan C terdiri dari 2 kampung yakni Pangabatang dan Dambila. Dusun di wilayah kepulauan ini, selalu mengalami krisis air bersih. Selain kebijakan lokal dari desa setempat, perlu juga ada perhatian serius dari pemerintah kabupaten.
Pangabatang selama ini terkenal sebagai sebuah destinasi bahari. Tempat ini ramai dikunjungi karena pasir putih yang indah dan unik. Selain itu Pangabatang menyimpan juga surga di bawah dasar laut. Tidak heran jika perairan Pangabatang sering dibidik para diver dan fotografer bawah laut, tidak saja wisatawan nusantara, tapi juga wisatawan mancanegara.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini