Pasien Anak Membludak, Tempat Tidur Terbatas

0
27
Pasien Anak Membludak, Tempat Tidur Terbatas
Pasien DBD sedang diperiksa kesehatan di Ruang Melati, Selasa (21/1)
Maumere-SuaraSikka.com: Pasien anak membludak di Ruang Melati RSUD TC Hillers Maumere. Sementara itu daya tampung seperti tempat tidur masih sangat terbatas.
Manajemen rumah sakit mengambil langkah sigap dengan menitipkan sejumlah pasien anak di ruangan yang lain. Meski berbeda ruangan, penanganan medis tetap dilakukan secara normal.
Kepala Ruangan Melati Maria Goreti Nanga yang ditemui Selasa (21/1), menjelaskan Ruang Melati berdaya tampung 39 orang, sesuai jumlah tempat tidur. Belakangan ini, dengan meningkatnya pasien DBD, jumlah pasien melebihi kapasitas. Dia mengaku sempat kewalahan. Namun akhirnya ditempuh langkah menitipkan pasien anak di sejumlah ruangan lain.
“Kondisi ini sudah terjadi hampir dua minggu. Meningkatnya jumlah pasien anak karena ada peningkatan jumlah pasien DBD,” jelas alumnus Akper Sint Carolus Jakarta di ruangan kerjanya.
Sampai hari ke-21 di tahun 2020, tercatat 151 pasien DBD yang dirawat di RSUD TC Hillers. Sebagian besar sudah sehat, dan boleh kembali ke rumah masing-masing. Sedangkan yang masih dirawat sebanyak 41 pasien, di mana 26 pasien dirawat di Ruang Melati, dan yang lainnya dititipkan di Ruang Bedah, Ruang Laki, dan Ruang Wanita.
Membludaknya pasien anak, sudah menjadi pemandangan yang biasa ketika serangan virus DBD meningkat. Manajemen rumah sakit diminta untuk memikirkan pengembangan ruang rawat inap sehingga daya tampung bisa mencukupi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini