Jadi Pelaksana Harian Sekda Sikka 15 Hari, Kemampuan Sirilus Tidak Teruji

0
135
Jadi Pelaksana Harian Sekda Sikka 15 Hari, Kemampuan Sirilus Tidak Teruji
Pelaksana Harian Sekda Sikka Wihelmus Sirilus
Maumere-SuaraSikka.com: Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka Wihelmus Sirilus dipercayakan menjadi Pelaksana Harian Sekda di daerah itu. Jabatannya hanya 15 hari saja. Dalam rentang waktu yang singkat itu, kemampuan pejabat yang baru ini tidak bisa teruji.
Kepercayaan kepada Wihelmus Sirilus diberikan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, menyusul purnatugasnya Sekda Sikka Valentinus Sili Tupen. Bupati Sikka menyerahkan Surat Perintah Pelaksana Harian kepada Wihelmus Sirilus pada Senin (3/2) di ruang kerjanya di Kantor Bupati di Jalan Eltari.
Setelah mendapat kepercayaan, Wihelmus Sirilus pun langsung beradaptasi. Hari pertama bertugas, dia memimpin apel pegawai di lingkup sekretariat daerah. Ini bukan hal yang baru karena kebiasaan ini rutin dilakukan Sekda sebelumnya.
Praktis selama 15 hari ke depan, mantan Kepala BPMD Kabupaten Sikka itu hanya melaksanakan tugas-tugas rutin biasa yang lebih kepada fungsi koordinasi. Dan ini terlihat dari jawabannya kepada wartawan, usai menerima tanggung jawab baru sebagai Pelaksana Harian Sekda.
Pertama, dia akan melaksanakan perintah Bupati Sikka terkait seleksi 8 jabatan lowong. Kedua, melaksanakan pembinaan disiplin terhadap seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Sikka.
Berikut, koordinasi pembersihan lingkungan kerja terutama penataan di lingkungan Kantor Bupati. Dan menjabarkan seluruh program kegiatan pemerintah, terutama mengikuti apa yang dilaksanakan dalam musyawarah pembangunan.
Tugas tambahan lain yakni melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dan manajemen RSUD TC Hillers Maumere terkait demam berdarah dengue (DBD) yang sudah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa.
Posisi strategis Sekda sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tidak tampak dalam rentang waktu 15 hari. Justeru di level inilah seorang Sekda diuji dan diukur kemampuannya dalam mengorganisir dapur pemerintah.
Wihelmus Sirilus yang sebentar lagi memasuki purnatugas, terbilang sebagai ASN yang loyalis. Menapaki karir birokrat dari level terendah, mantan Camat Waigete ini selalu memiliki komitmen yang tinggi dan percaya diri dalam mengemban tugas yang dipercayakan. Karakternya yang blak-blakan dan tegas, sering kali memposisikan dia sebagai ASN yang yang terkenal disiplin dan penuh tanggung jawab.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini