Musda Golkar Sikka, Momen Strategis untuk Konsolidasi

0
45
Musda Golkar Sikka, Momen Strategis untuk Konsolidasi
Ketua Partai Golkar Kabupaten Sikka Gorgonius Nago Bapa
Maumere-SuaraSikka.com: Partai Golkar Kabupaten Sikka, Jumat (21/2) hari ini menggelar Musda X di Sekretariat Partai Golkar di Jalan Wairklau. Musda kali ini menjadi momen yang strategis untuk konsolidasi.
Partai berlambang pohon beringin ini membutuhkan konsolidasi yang lebih intens menyusul kegagalan pada Pileg 2019 lalu. Musda menjadi alternatif strategis dan momentum yang tepat untuk merancang kembali kekuatan politik Partai Golkar di Kabupaten Sikka.
Sebagaimana diketahui, pada Pileg 2019 lalu, Partai Golkar Sikka hanya bertengger di posisi ketiga dengan perolehan 17.892 suara, dan mengutus 4 wakil DPRD Sikka. Partai Golkar terpersok jauh, bahkan kalah 80 suara dari PKB yang menduduki urutan kedua. Padahal sebelumnya, sejak Pemilu 2009 beringin selalu jadi pemenang.
Ketua Partai Golkar Kabupaten Sikka Gorgonius Nago Bapa menyebut alasan kekalahan itu akibat berbagai faktor. Dari sisi internal, katanya, kepengurusan Partai Golkar Sikka waktu itu baru terbentuk pada Desember 2017, menyusul dinamika yang terjadi di tubuh Partai Golkar secara nasional.
“Pengurus baru terbentuk pada Desember 2017, dan langsung berhadapan dengan kegiatan Pilkada Sikka dan Pileg 2019. Jadi waktu sangat singkat sekali untuk melakukan konsolidasi,” ungkap dia di Sekretariat Partai Golkar, Kamis (20/2).
Selain itu, tambah Wakil Ketua DPRD Sikka ini, pada saat itu terjadi pemilihan umum serentak bersama Pilpres. Secara nasional, calon presiden dari PDIP sangat dominan. Peta politik pun ikut bergeser, di mana PDIP lebih mendapatkan simpati.
“Tapi apapun itu kami harus menerimanya. Kami tidak bisa mengelak dengan situasi politik yang terjadi pada saat itu,” ujar dia.
Musda X Partai Golkar akan membahas 4 agenda penting yakni pertanggungjawaban pengurus periode berjalan, pembahasan program kerja, pemilihan ketua, dan menetapkan kepengurusan. Rencananya Musda ini akan dibuka Ketua DPD 1 Partai Golkar NTT Melki Laka Lena.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini