Corona Merebak, Dukcapil Sikka Batasi Pelayanan Dokumen Kependudukan

0
31
Corona Merebak, Dukcapil Sikka Batasi Pelayanan Dokumen Kependudukan
Suasana pelayanan dokumen kependudukan di Kantor Dinas Dukcapil Sikka, Rabu (18/3)
Maumere-SuaraSikka.com: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka terpaksa membatasi pelayanan dokumen kependudukan. Hal ini dilakukan gara-gara kian merebaknya wabah corona atau Covid 19.
Kepala Dinas Dukcapil Sikka Martha Huberty Pega menempuh kebijakan ini menyusul Surat Edaran Dirjen Dukcapil Kemendagri tentang penundaan pelayanan dan pelayanan secara online. Kebijakan Dukcapil Sikka mulai diberlakukan sejak Selasa (17/3).
Pembatasan pelayanan di Dukcapil Sikka dilakukan dengan berbagai cara. Kantor ini akan mengurangi volume pelayanan sehingga jam pelayanan langsung hanya 3 jam saja dari pukul 09.00 Wita. Itu pun pelayanan hanya melalui 1 pintu dan 1 loket.
Pelayanan langsung hanya diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Martha Huberty Pega menyebut misalnya untuk keperluan BPJS, penerimaan masuk perguruan tinggi, atau hal lain yang dapat dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting.
“Kami mengimbau hendaknya warga masyarakat tidak melakukan pengurusan dokumen kependudukan apabila tidak penting atau mendesak,” imbau mantan Kepala BKDPSDM Sikka itu.
Dia menambahkan pelayanan perekaman KTP Elektronik dan KIA, untuk sementara dihentikan, hanya dilayani pengambilan saja. Untuk penerbitan dokumen kependudukan berupa kartu keluarga, akta-akta, pindah datang, dan surat keterangan lainnya, kata dia, dapat dilakukan secara online.
Teknis pelayanan secara online, jelas dia, yakni masyarakat memfoto berkas dokumen asli, kemudian mengirimkan kepada staf Dukcapil Sikka melalui aplikasi WhatsApp.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini