PDIP Usulkan Insentif Ketua RT dan Kaji Ulang Gaji Kades

0
91
PDIP Usulkan Insentif Ketua RT dan Kaji Ulang Gaji Kades
Ketua RT (topi merah) di Kelurahan Wairotang Kecamatan Alok Timur sedang melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk beberapa waktu lalu

Maumere-SuaraSikka.com: Ketua RT dan Kepala Desa di Kabupaten Sikka boleh menarik sedikit kelegaan. Fraksi PDIP mengusulkan agar diberikan insentif kepada Ketua RT dan mengkaji ulang gaji atau penghasilan tetap kepa desa.

Pikiran politik ini disampaikan Fraksi PDIP kepada pemerintah daerah setempat melalui rapat paripurna DPRD Sikka, Rabu (18/3). Usulan itu dikemukakan melalui pemandangan umum fraksi atas LKPJ Akhir Bupati Sikka.

Jurubicara Fraksi PDIP Alfonsus Ambrosius menyampaikan alasan atas usulan yang disampaikan fraksinya. Insentif kepada Ketua RT dikaitkan dengan tugas-tugas pemberdayaan masyarakat. Sementara penghasilan tetap kepala desa, disinergikan dengan beban tugas.

Pengelolaan sampah berbasis RT, menjadi salah satu alasan Fraksi PDIP mengusulkan insentif bagi Ketua RT. Rukun Tetangga, merupakan komunitas terkecil dalam pemerintah yang perlu diberdayakan dengan berbagai tugas termasuk upaya pemberdayaan masyarakat.

“Untuk itu, dengan kewenangan lebih yang ditugaskan kepada RT, perlu juga ditingkatkan anggaran insentif Ketua RT,” usul Fraksi PDIP.

Alfonsus Ambrosius juga meminta mengkaji ulang penghasilan tetap kepala desa. Alasannya karena besaran pendapatan kepala desa saat ini, tidak seimbang dengan beban tugas sebagai kepala wilayah dan pemerintahan di tingkat desa.

Sejalan dengan usulan tersebut, Fraksi PDIP mengingatkan kepada pemerintah daerah setempat terutama Dinas Pemerintahan Desa agar memfasilitasi para kepala desa untuk mencari sumber-sumber pendapatan asli desa, di luar iuran dari warga.

Sejauh mana usulan Fraksi PDIP ini, belum ada tanggapan dari pemerintah daerah. Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo dijadwalkan memberikan keterangan secara resmi untuk menanggapi pemandangan umum fraksi pada Jumat (20/3) besok.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini