Pembangunan Puskesmas Bola Terbengkelai, Alex Agatho Berang

0
24
Pembangunan Puskesmas Bola Terbengkelai, Alex Agatho Berang
Ketua Fraksi Partai Nasdem Alexander Agatho Hasulie

Maumere-SuaraSikka.com: Ketua Fraksi Partai Nasdem Alexander Agatho Hasulie berang di paripurna DPRD Sikka, Jumat (20/3). Dia menuding proyek Pembangunan Puskesmas Bola terbengkelai.

Dari pengamatannya di lokasi kegiatan, dia mengaku prihatin dengan pekerjaan pembangunan gedung dua lantai senilai Rp 3.969.114.271,01 itu. Menurut dia, banyak konstruksi bangunan yang miring, termasuk posisi pintu dan jendela.

Kemarahannya makin memuncak ketika mengikuti LKPJ Akhir Bupati Sikka yang menyebut progres fisik proyek tersebut sudah terealisasi hingga 97 persen. Dia menduga institusi teknis telah memanipulasi informasi realisasi fisik.

“Laporannya 97 persen. Padahal jauh berbeda dengan yang kami lihat minggu lalu. Kami rasa dikibuli,” ungkap dia.

Untuk memberi keyakinan atas argumentasinya, Alexander Agatho menantang pejabat di Dinas Kesehatan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk sama-sama meninjau lokasi proyek.

“Saya tantanga hari ini juga kita langsung ke lokasi proyek. Semua beban biaya ke sana, saya yang tanggung,” tantang dia.

Pembangunan Puskesmas Bola dikerjakan oleh CV Cipta Konstruksi Indah Kupang dengan Konsultan Pengawas CV Triparty Tirta Engineering. Pelaksanaan proyek ini sudah jatuh tempo pada akhir Desember 2019, kemudian mendapatkan tambaham 50 hari kerja hingga 9 Februari 2020 lalu.

“Saya yakin sekali kalau tambah lagi 50 hari, proyek ini tidak akan selesai,” ketus wakil rakyat dua periode itu.

Deddy Benyamin selaku PPK yang dihubungi terpisah menjelaskan seluruh pekerjaan sudah dilaksanakan sesuai teknis. Dia membantah konstruksi bangunan yang miring sebagaimana pernyataam Alexander Agatho.

Saat ini, katanya, proyek tersebut sudah mencapai 97 persen, dan masih dalam pelaksanaan. Kontraktor pelaksana akan menyelesaikan pemasangan pintu dan jendela.

Sebelumnya, dalam pemandangan umum, terhadap LKPJ Akhir Bupati Sikka TA 2019, Fraksi Partai Nasdem mengatakan pelaksanaan proyek-proyek fisik terkesan asal jadi dan mengabaikan aspek kualitas pekerjaan. Nasdem menyebut beberapa contoh seperti pembangunan Puskesmas Bola, Puskesmas Waigete, dan Puskesmas Kopeta.

Menanggapi sikap politik ini, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo menjelaskan bahwa pembangunan Puskesmas Bola masih dalam proses penyelesaian pekerjaan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini