Lambelu Berakhir di Maumere, Tidak Masuk Larantuka, Ada Apa?

0
114
Lambelu Berakhir di Maumere, Tidak Masuk Larantuka, Ada Apa?
Kepala Pelni Maumere Surahman

Maumere-SuaraSikka.com: Jadwal pelayaran KM Lambelu untuk trip kali ini, berakhir di Pelabuhan Laurens Say Maumere. Kapal ini langsung berbalik arah menuju Baubau, dan tidak singgah di Pelabuhan Larantuka.

Padahal, jadwal normal kapal ini adalah bertolak dari Nunukan, selanjutnya Tarakan, Balikpapan, Makasar, Baubau, Maumere, dan Larantuka. Dari Larantuka, terus balik lagi ke Baubau, Makasar, Balikpapan, Tarakan, dan kembali ke Nunukan.

Kepala Pelni Maumere Surahman yang duhubungi usai rapat koordinasi Satgas Pencegahan Covid Sikka di Aula Dinas Kesehatan, Minggu (5/4) malam, membenarkan KM Lambelu tidak masuk Pelabuhan Larantuka.

Ketika ditanya alasan KM Lambelu tidak masuk Pelabuhan Larantuka, Surahman menjawab terjadi deviasi. Dia sendiri tidak bisa menjelaskan apa alasan sehingga terjadi deviasi.

“Final di Maumere. Tidak masuk Larantuka. Itu deviasi. Ada kebijakan dari pusat,” jelas Surahman.

Surahman menjelaskan ada 233 penumpang yang akan turun di Pelabuhan Laurens Say. Dia sendiri tidak tahu para penumpang tersebut apakah semuanya berasal dari Kabupaten Sikka ataukah ada juga penumpang dari daerah lain.

“Itu berdasar manifest, tujuannya Maumere,” urai dia.

KM Lambelu sesuai jadwal tiba di Pelabuhan Laurens Say Maumere pada Senin (6/4) pukul 21.00 Wita. Terkait permintaan Satgas Pencegahan Covid Sikka agar kapal tersebut bisa bersandar pada Selasa (7/4) pagi, Surahman mengaku akan koordinasikan dengan nahkoda dan kantor pusat.

“Nanti kita koordinasi ke kapal dan kantor pusat,” jawabnya singkat sambil berupaya menghindar dari wartawan.

Satgas Covid Sikka meminta agar KM Lambelu diperlambat pelayarannya sehingga berlabuh Selasa (7/4) pagi. Hal ini untuk membantu proses pemeriksaan dan evakuasi penumpang ke tempat karantina terpusat. Pemerintah daerah setempat akan mengkarantinakan semua penumpang yang turun di Maumere.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini