Lambelu Tidak Masuk Pelabuhan Larantuka, Karena Bupati Flotim Tanggap Bencana

0
77
Lambelu Tidak Masuk Pelabuhan Larantuka, Karena Bupati Flotim Tanggap Bencana
Info Pelni Larantuka terkait penutupan sementara pelayaran kapal Pelni ke Pelabuhan Larantuka (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Sejak trip kali ini, KM Lambelu tidak masuk Pelabuhan Larantuka. Hal ini dikarenakan Bupati Flotim sangat tanggap terhadap bencana.

Kepastian Lambelu tidak masuk Pelabuhan Larantuka, setelah dikeluarkannya info resmi dari PT Pelni (Persero) Cabang Larantuka pada Senin (30/3) lalu. Pada info resmi itu disampaikan Pelni Larantuka menutup sementara akses pelayaran kapal penumpang Pelni di wilayah Kabupaten Flores Timur sejak tanggal 1 April 2020 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.

Keputusan tersebut setelah mempertimbangkan Surat Bupati Flores Timur Nomor Ek.500/Ksb.PIBBU/109/III/2020 dan dan instruksi dari pusat serta situasi dan kondisi masyarakat Flores Timur dengan mengutamakan keselamatan bersama terkait upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

Dalam info resmi tersebut, Pelni Larantuka menyampaikan bagi calon penumpang kapal Pelni yang telah membeli tiket, bisa membatalkan tiket dengan pengembalian 100 persen. Diinformasikan juga bahwa KM Lambelu voyage 5 hanya sampai Pelabuhan Maumere.

Informasi yang dihimpun media ini, sebelum Pelni Larantuka mengeluarkan info resmi, terdapat 25 calon penumpang KM Lambelu yang tujuan ke Pelabuhan Larantuka. Buntut dari informasi tersebut, akhirnya mereka turun di Pelabuhan Laurens Say Maumere sebagai pelabuhan terakhir.

Sebanyak 25 penumpang tujuan Pelabuhan Larantuka ini, akhirnya turun di Pelabuhan Laurens Say Maumere, Selasa (7/4) malam. Pemkab Flotim menyiapkan 3 bus khusus untuk menjemput penumpang, dan dibawa ke Larantuka untuk selanjutnya dikarantina secara terpusat.

Kepala Pelni Maumere Surahman yang ditanya terkait tidak masuknya Lambelu di Pelabuhan Larantuka beralasan terjadi deviasi sesyai kebijakan pusat. Dia sendiri tidak mengetahui apa alasan terjadi deviasi.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini