4 Kapal Pelni Sementara Waktu Tidak Masuk Maumere

0
81
4 Kapal Pelni Sementara Waktu Tidak Masuk Maumere
Kepala Pelni Maumere Surahman

Maumere-SuaraSikka.com: PT Pelni secara resmi menutup untuk sementara rute pelayaran empat kapal milik mereka ke Pelabjhan Laurens Say Maumere. Kebijakan ini berlaku sejak Kamis (9/4) hingga waktu yang tidak ditentukan.

Empat armada kapal Pelni yang selama ini masuk ke Maumere yakni KM Lambelu, KM Bukit Siguntang, KM Umsini dan KM Sirimau.

Informasi penutupan sementara ini disampaikan langsung Kepala Pelni Cabang Maumere Surahman yang dihubungi di Kantor Pelni Maumere di Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok Kabupaten Sikka, Kamis (9/4) siang.

Dia mengatakan kebijakan penutupan sementara merupakan keputusan manajemen di tingkat pusat. Empat kapal tesebut tetap menjalankan pelayaran sesuai rute berlayar, tetapi tidak menyinggahi Pelabuhan Laurens Say.

“Manajemen pusat akan mengubah rute, sehingga 4 kapal itu untuk sementara waktu tidak masuk ke Maumere,” jelas dia.

Surahman menegaskan keputusan manajemen Pelni di tingkat pusat, salah satunya antara lain sebagai bagian dari upaya memutuskan mata rantai penularan Covid 19.

Ketika ditanya kebijakan ini terkait surat dari Bupati Sikka dan penolakan masyarakat, Surahman mengaku tidak tahu tentang itu.

Namun secara terpisah melalui telepon selular, Surahman menyampaikan kebijakan pengalihan rute pelayaran sementara waktu juga mempertimbangkan surat Bupati Sikka.

Sebelumnya aktifis Kelompok Cipayung yang terdiri dari PMKRI Maumere dan GMNI Maumere menolak kedatangan KM Lambelu masuk ke Maumere. Kapal ini diperkirakan akan mengangkut ratusan penumpang yang datang dari daerah terpapar Covid 19.

Menyusul aksi tersebut, Bupati Sikka mengeluarkan surat larangan bersandar bagi KM Lambelu setelah diketahui 3 ABK teridentifikasi terjangkit Covid 19 melalui hasil pemeriksaan rapid test.

Namun akhirnya KM Lambelu bersandar juga di Pelabuhan Laurens Say setelah Bupati memberikan instruksi secara lisan.

Informasi tentang pengalihan rute sementara waktu 4 kapal milik Pelni, juga ditempel pada papan informasi di Kantor Pelni Maumere.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini