Kades Hikong Tidak Halangi Ambulance Pengangkut Ibu Hamil

0
40
Kades Hikong Tidak Halangi Ambulance Pengangkut Ibu Hamil
Suasana penutupan badan jalan negara di Desa Hikong, Sabtu (24/5)

Maumere-SuaraSikka.com: Kepala Desa Hikong Agustinus A. Datus mengaku tidak pernah menghalang-halangi ambulance yang mengangkut ibu hamil menuju ke RSUD TC Hillers Maumere.

Menurut dia, ambulance dari RSU Larantuka tertahan di bagian akhir antrian. Ambulance tersebut tertahan 15 menit karena harus menunggu dibukanya portal penutup badan jalan negara Trans Maumere-Larantuka.

“Ini yang perlu saya klarifikasi. Tidak ada tindakan untuk menghalang-halangi ambulance,” tegas Datus kepada wartawan di Kantor Dinas Pemdes Sikka, Selasa (26/5).

Dia mengatakan pada Sabtu (24/5), ada 2 ambulance yang melintasi Desa Hikong. Ambulance pertama lewat sekitar pukul 15.30 Wita. Saat itu mereka baru saja menutup badan jalan.

Ambulance ini hanya butuh waktu 5 menit untuk melanjutkan perjalanan ke Maumere, karena antrian kendaraan belum terlalu panjang.

Selanjutnya sekitar pukul 18.30 Wita atau pukul 19.00 Wita, muncul lagi sebuah ambulance yang mebgangkut ibu hamil. Ambulance ini tertahan sekitar 15 menit karena antrian kendaraan sudah panjang.

Penutupan badan jalan di Desa Hikong menjadi ramai, menyusul masalag yang terjadi pada ibu hamil. Pasien rujukan RSU Larantuka ini harus berduka karena bayi dalam kandungannya meninggal dalam perjalanan.

Kematian bayi ini kemudian dikait-kaitkan dengan tindakan Kepala Desa Hikong dan masyarakat yang menutupi badan jalan negara. Akibatnya ambulamce tersebut tidak bisa menempuh perjalanan normal dari Larantuka hingga Maumere.

Kepala Desa Hikong Agustinus Datus bersama warga masyarakat menutupi badan jalan sebagai respon spontan atas stigma yang dikenakan kepada warga masyarakat Kabupaten Sikka sebagai pembawa virus corona.

Agustinus Datus mengaku mendengar langsung stigma tersebut dari Satgas Covid Flotim di posko pengawasan di Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flotim.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini