Bupati Sikka Pastikan Tidak Ada Penghadangan Ambulance

0
44
Kasus Kematian Bayi dari Larantuka, Bupati Sikka Sindir Pelayanan Kesehatan Flotim
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo

Bupati Sikka Pastikan Tidak Ada Penghadangan Ambulance

Maumere-SuaraSikka.com: Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo memastikan tidak ada penghadangan terhadap ambulance pengangkut ibu hamil dari Larantuka Kabupaten Flores Timur.

“Setelah kami telusuri, tidak ada yang menghalangi ambulance untuk melintasi perbatasan. Ambulance tertahan 15 menit karena banyaknya antrian kendaraan,” jelas Bupati Sikka kepada wartawan di Kantor Bupati Sikka, Selasa (26/5).

Dia mengaku sudah memanggil Kepala Desa Hikong Agustinus A. Datus untuk mendapatkan laporan secara lengkap.

“Kepala Desa (Hikong) tadi sudah menghadap saya. Dia sampaikan bahwa mereka tidak menghalangi ambulance,” ujar Bupati Sikka.

Panjangnya antrian kendaraan, ujar Bupati Sikka, akibat dari persyaratan wajib kepada pelaku perjalanan yang keluar masuk wilayah administrasi Kabupaten Flotim untuk menunjukkan surat keterangan rapid test.

“Pemeriksaan yang ketat terkait surat keterangan rapid test, itu yang menyebabkan penumpukan kendaraan,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Kepala Desa Hikong Agustinus A. Datus bersama warga masyarakatnya, Sabtu (24/5) menutup badan jalan negara. Tindakan ini dilakukan sebagai respon stigma yang dikenakan kepada masyarakat Kabupaten Sikka sebagai pembawa virus corona.

Dampak dari penutupan badan jalan ini, berujung maut. Sebuah ambulance yang membawa pasien rujukan dari RSU Larantuka, tertahan di Hikong kurang lebih 15 menit.

Ambulance ini mengangkut seorang ibu hamil yang dirujuk ke RSUD TC Hillers Maumere. Setelah proses operasi, diketahui bayi yang dikandung ibu ini meninggal dalam perjalanan.

Kasus kematian bayi ini kemudian dikait-kaitkan dengan penutupan badan jalan di Hikong. Pasalnya, ambulance tidak bisa menempuh perjalanan normal akibat tertahan antrian panjang di Hikong.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini