Empat Tahun Berturut-turut Sikka Raih WTP

0
11
Empat Tahun Berturut-turut Sikka Raih WTP
Suasana rapat paripurna penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI, Senin (27/7)

Maumere-SuaraSikka.com: Apresiasi patut diberikan kepada Pemkab Sikka. Selama 4 tahun berturut-turut kabupaten ini meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam hal laporan keuangan.

Opini WTP yang keempat untuk laporan keuangan tahun anggaran 2019. Ini prestasi pertama yang dicapai Pemkab Sikka di bawah kepemimpinan Bupati Fransiskus Roberto Diogo dan Wakil Bupati Romanus Woga.

Sebelumnya tiga tahun berturut-turut Sikka meraih opini WTP yakni tahun anggaran 2016, 2017, dan 2018. Prestasi ini dicetak di masa Bupati Yoseph Ansar Rera dan Wakil Bupati Paolus Nong Susar.

Empat Tahun Berturut-turut Sikka Raih WTPTerhadap prestasi ini, Ketua DPRD Sikka Donatus David memberikan apresiasi. Bagi dia, fakta ini menunjukkan bahwa aparatur pengelola keuangan daerah terus berbenah dan menampilkan kinerja yang prima.

Berbicara pada saat rapat paripurna penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI dari Bupati Sikka kepada DPRD Sikka, Senin (27/7), Donatus David mengatakan predikat WTP lahir dari sinergisitas kerja keras dan kerja cerdas, komitmen yang kuat, baik antara pemerintah maupun DPRD Sikka, serta dukungan BPK RI.

“Kita sependapat bahwa opini WTP adalah bukan satu-satunya tujuan akhir. Namun pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, sungguh merupakan target dan harapan bersama yang patut terus dipelihara dan ditingkatkan,” ungkap Donatus David.

Pada rapat paripurna ini, DPRD Sikka membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk mendalami LHP BPK RI.

Ada 3 pansus yang dibentuk yakni Pansus 1 membahas LHP atas Pemeriksaan Sistem Pengendalian Interen, Pansus 2 membahas LHP atas Pemeriksaan Laporan Keuangan, dan Pansus 3 membahas LHP atas Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan.

Pelaksana Tugas Sekretariat Dewan Lodovikus Lotak memastikan Pansus akan mulai bekerja sejak Selasa (28/7). Ketua dan anggota Pansus disesuaikan dengan komposisi Komisi-Komisi DPRD Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini