Menteri PUPR Kunjungi Bendungan Napung Gete

0
38
Menteri PUPR Kunjungi Bendungan Napung Gete
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi Bendungan Napung Gete, Rabu (5/8) (foto: istimewa

Maumere-SuaraSikka.com: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Rabu (5/8) mengunjungi pembangunan Bendungan Napung Gete di Desa Ilinmedo Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka Propinsi NTT.

Basuki Hadimuljono bersama rombongan tiba di Bandara Frans Seda Maumere sekitar pukul 09.40 Wita. Di Bandara Frans Seda, dia diterima Wakil Gubernur Josef Nae Soi dan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo.

Menteri PUPR Kunjungi Bendungan Napung GeteHanya beberapa saat saja di VIP Bandara Frans Seda Maumere, Basuki Hadimuljono langsung menuju lokasi pembangunan waduk. Dia menggunakan kendaraan yang disiapkan pemerintah daerah setempat.

Perjalanan dari Kota Maumere ke lokasi bendungan kurang lebih 42 kilometer, dengan infrastruktur jalan yang cukup sulit di wilayah Kecamatan Waibalama.

Basuki Hadimuljono bertujuan melihat langsung perkembangan pembangunan Bendungan Napung Gete yang dibiayai pemerintah pusat dengan nilai kontrak Rp 8.836.100.000.

Menteri PUPR Kunjungi Bendungan Napung Gete
Bendungan Napung Gete (foto: istimewa)

Sesuai kontrak kerja, proyek nasional ini akan berakhir pada Desember 2020. Namun dengan persoalan pandemi virus corona, kemungkinan bisa saja terjadi pergeseran jadwal pekerjaan.

Pembangunan Bendungan Napung Gete dilaksanakan sejak tahun 2016 oleh PT Nindya Karya. Pemerintah daerah setempat harus membebaskan tanah milik masyarakat untuk kepentingan pembangunan. Biaya pembebasan berupa ganti rugi dibayarkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Hingga kini pembangunan Bendungan Napung Gete terus dilaksanakan, dengan berbagai dinamika, terutama masalah ganti rugi lahan milik masyarakat. Sering terjadi masyarakat memblokir akses masuk ke lokasi bendungan jika ganti rugi belum dibayarkan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini