Pokja Proyek Irigasi Abaikan Intervensi Calo Proyek

0
64
Pokja Proyek Irigasi Abaikan Intervensi Calo Proyek
Ilustrasi

Maumere-SuaraSikka.com: Pokja paket proyek irigasi di Dinas PUPR Kabupaten Sikka sering mendapat tekanan dari calo proyek. Meski demikian mereka mengabaikan intervensi orang-orang tamak itu.

“Ada yang coba-coba mengganggu kerja kami. Tapi kami abaikan. Kami tidak terpengaruh dengan tekanan dari luar,” jelas Fransiskus Metsen, Ketua Pokja 3, Kamis (13/8), di ruang kerjanya.

Dia mengaku belum pernah sekali pun dihubungi pihak-pihak yang ingin intervensi. Yang mengalami justeru kawan-kawannya di dalam Pokja yang dia pimpin.

“Belum ada yang langsung ke saya. Tapi lewat teman-teman. Sekali lagi kami tidak peduli dengan mereka,” tegas Frans Metsen.

Dia menjelaskan Pokja 3 sementara ini sedang mengelola 4 paket proyek irigasi. Empat paket proyek itu yakni Rehabilitasi Jaringan Irigasi (JI) Dagelongga di Desa Korobhera Kecamatan Mego senilai Rp 780 juta, dan Rehabilitasi JI di Desa Tilang Kecamatan Nita senilai Rp 660 juta.

Lalu Rehabilitasi JI Puunaka di Desa Done senilai Rp 450 juta dan Rehabilitasi JI Nangapalu di Desa Kolisia senilai Rp 650 juta. Dua paket ini berlokasi di Kecamatan Magepanda.

Sebelum melaksanakan pelelangan, Frans Metsen mengaku sudah melapor ke Bupati Sikka. Orang nomor satu di Kabupaten Sikka itu berpesan agar Pokja bekerja sesuai regulasi.

“Bupati sudah pesan seperti itu. Jadi kalau ada yang jual-jual nama pejabat, yah tidak mungkin kami percaya. Dan apapun yang terjadi, kami tetap memroses sesuai regulasi,” ujar dia.

Sementara ini, paket proyek Rehabilitasi JI di Desa Tilang Kecamatan Nita sedang berproses. Sedangkan 3 paket lainnya mengalami gagal lelang sehingga dilakukan pelelangan ulang.

Dengan keterangan Frans Metsen ini menunjukkan bahwa calo-calo proyek masih “berkeliaran” untuk melakukan intervensi dalam proses pelelangan.

Aparat penegak hukum diharapkan memonitor pergerakan calo-calo proyek, sehingga mereka tidak seenaknya mendapatkan keuntungan dengan cara-cara kotor.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini