3 Kecamatan di Sikka Dilanda Kekeringan

0
166
3 Kecamatan di Sikka Dilanda Kekeringan
Kepala BPBD Sikka Mohamad Daeng Bakir

Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 3 kecamatan di Kabupaten Sikka telah melaporkan dilanda bencana kekeringan. Diperkirakan kekeringan akan melanda seluruh wilayah di kabupaten itu.

Kepala BPBD Sikka Mohamad Daeng Bakir memastikan tiga kecamatan yang dilanda kekeringan yakni Waigete, Kangae, dan Alok Barat.

“Sudah tiga camat yang melaporkan kekeringan di wilayahnya. Kami masih menunggu laporan dari kecamatan lain,” jelas Mohamad Daeng Bakir di Aula Kantor BPBD, Jumat (28/8).

Dia mengatakan pihaknya sedang mengantisipasi bencana kekeringan di Sikka, sebagaimana surat penyampaian dari Gubernur NTT serta informasi dari BMKG Maumere.

Sebagai langkah awalnya, katanya, BPBD Sikka telah bersurat kepada semua camat untuk mendapatkan informasi terkait kekeringan.

“Kami minta para camat untuk koordinasi dengan kepala desa dan lurah, dan kemudian segera melaporkan dampak kekeringan di wilyah mereka masing-masing,” ujar dia.

Selain bersurat, BPBD Sikka sendiri telah mendistribusi air bersih ke beberapa wilayah. Dia menyebutkan antara lain distribusi ke beberapa desa di Kecamatan Waigete, serta Desa Langir dan Teka Iku di Kecamatan Kangae.

Untuk tahap awal, lanjut dia, pihaknya menyiapkan 300 tangki air bersih untuk didistribusi ke masyarakat. Distribusi akan dilakukan setelah mendapat laporan dan permintaan melalui pemerintahan desa atau kelurahan.

Mogamad Daeng Bakir mengatakan pihaknya sudah merencanakan antisipasi penanganan bencana kekeringan hingga Nopember mendatang. Jika situasi belum normal, perencanaan akan diperpanjang sesuai kebutuhan.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman, bencana kekeringan bisa melanda semua wilayah di Kabupaten Sikka. Karena itu dia meminta para camat untuk segera mengomunikasikan lebih awal sehingga bisa diantisipasi sesegera mungkin.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini