Jembatan Nangahale Terancam Makan Korban

0
206
Jembatan Nangahale Terancam Makan Korban
Lubang pada badan Jembatan Nangahale ditutupi plat deker (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Jembatan Nangahale di Desa Nangahale Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka kini terancam roboh. Dan bisa saja makan korban.

Jembatan ini sangat strategis karena berada pada ruas jalan Trans Flores yang menghubungkan transportasi Maumere-Larantuka. Mobilitas kendaraan yang melewati jembatan itu, sangat tinggi.

Jembatan Nangahale Terancam Makan Korban
Tampak lubang pada badan jembatan (foto: istimewa)

Anggota DPRD Sikka Fransiskus Siku Parera yang menghubungi media ini menyebutkan kondisi jembatan sudah rusak 3 bulan terakhir ini.

“Ada lubang besar di badan jembatan. Sudah ditutupi dengan plat deker, tapi belum maksimal, karena sekarang ini lubang makin besar dan melebar,” terang politisi Partai Golkar itu, Rabu (7/10) malam.

Frans mengaku setiap hari melewati jembatan tersebut. Dia merasa miris dengan kondisi jembatan yang makin buruk dari hari ke hari.

Jembatan Nangahale Terancam Makan Korban
Aspal pada badan jembatan sudah semakin keropos (foto: istimewa)

Kemarin siang, ketika dari Maumere hendak pulang ke kediamannya di Desa Bangkoor, Frans sempat menyaksikan sejumlah kendaraan yang susah payah melintasi jalan tersebut. Dia sempat mengabadikan beberapa foto peristiwa saat itu.

“Orang yang belum tahu jembatan ini dalam keadaan rusak, berpikir kondisi normal saja. Nah ini yang bahaya, mereka bisa terjebak dalam lubang,” ungkap dia.

Kondisi jembatan yang makin parah, kata dia, karena tidak mampu lagi menahan beban yang berat. Apalagi, tambah dia, kendaraan-kendaraan besar yang terlibat pembangunan Bendungan Napunggete, setiap hari melewati jembatan tersebut.

Jembatan Nangahale Terancam Makan Korban
(foto: istimewa)

Mantan Kepala Desa Bangkoor ini berharap pemerintah daerah setempat melalui dinas teknis untuk segera mengambil langkah penanganan. Dia mengusulkan agar kendaraan-kendaraan dengan beban besar tidak lagi melewati jembatan tersebut.

“Sambil memikirkan rencana perbaikan, sebaiknya untuk sementara ini kendaraan angkutan dengan beban besar melewati jalan alternatif yang sudah dibuat masyarakat,” ujar dia memberi solusi.

Beberapa minggu lalu, media ini pernah melintasi jembatan tersebut. Tampak plat deker yang disiasati untuk menutup lubang pada badan jembatan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini