Kerja Cerdas Dinas Dukcapil, Rekam dan Cetak KIA di Tempat

0
254
Kerja Cerdas Dinas Dukcapil, Rekam dan Cetak KIA di Tempat
Suasana perekaman dan pencetakan KIA di Desa Kojadoi, Sabtu (17/10)

Maumere-SuaraSikka.com: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sikka memantapkan kerja-kerja cerdas. Institusi ini melakukan perekaman dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) langsung di tempat.

Pada Sabtu (18/10), tiga personil Dinas Dukcapil langsung turun ke Desa Kojadoi Kecamatan Alok Timur. Kepala Seksi Inovasi Pius Lesi bersama 2 operator Sugeng Harianto dan Fabianus Sebastianus melayani permintaan penerbitan KIA untuk 350 anak di desa itu.

Kerja Cerdas Dinas Dukcapil, Rekam dan Cetak KIA di Tempat

Ketika semua ASN libur, justeru 3 personil Dinas Dukcapil ini tetap setia menggeluti tugas pengabdian. Mereka rela meninggalkan keluarga, dan harus menyeberangi lautan demi melayani hak-hak kependudukan warga di Kojadoi dan Kojagete.

“Kami bawa dengan printer, jadi setelah rekam, langsung cetak. Dan hasilnya langsung diserahkan kepada orang tua anak,” demikian keterangan Fabianus Sebastianus.

Kerja Cerdas Dinas Dukcapil, Rekam dan Cetak KIA di Tempat

Proses perekaman dan pencetakan KIA berlangsung di Balai Desa Kojadoi. Warga masyarakat sangat antusias dan menyambut hangat model pendekatan pelayanan Dinas Dukcapil.

Sejak pagi hari, para orang tua membawa anaknya ke Balai Desa. Mereka membawa serta fotocopy kartu keluarga dan fotocopy akte kelahiran sebagai persyaratan untuk proses penerbitan KIA.

Kepala Desa Kojadoi Hanawi memantau langsung proses perekaman dan pencetakan KIA. Dia bersyukur sekali atas kehadiran petugas Dinas Dukcapil untuk pelayanan KIA di tempat.

Kerja Cerdas Dinas Dukcapil, Rekam dan Cetak KIA di Tempat
Kepala Desa Kojadoi Hanawi menyerahkan KIA kepada orang tua anak

Sampai pukul 19.30 Wita, operator berhasil mencetak 268 KIA, dan langsung menyerahkan kepada orang tua anak. Sementara data dari Kepala Desa memperkirakan sekitar 350 anak.

Proses perekaman dan pencetakan pun terus berlangsung hingga larut malam karena harus juga melayani anak-anak dari Desa Kojagete yang baru tiba pada malam hari.

Kerja Cerdas Dinas Dukcapil, Rekam dan Cetak KIA di TempatKegiatan perekaman dan pencetakan KIA masih dilanjutkan Minggu (18/10) pagi tadi karena masih terdapat beberapa anak yang belum terdata. Petugas Dinas Dukcapil terus melayani permintaan.

Kerja Cerdas Dinas Dukcapil, Rekam dan Cetak KIA di Tempat
Jembatan batu, salah satu sisi destinasi di Desa Kojadoi

KIA merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia 0 tahun sampai 17 tahun kurang 1 hari. Memasuki usia 17 tahun, anak-anak tersebut wajib memiliki kartu tanda penduduk.

Untuk rentang usia 0 tahun sampai 5 tahun minus 1 hari, foto anak tidak muncul di KIA. Identitas foto baru muncul di KIA untuk anak berusia 5 tahun ke atas.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini