Sekda Sikka Alfin Parera Akan Lakukan Tiga R

0
507
Sekda Sikka Alfin Parera Akan Lakukan Tiga R
Bupati Sikka melantik Adrianus Firminus Parera sebagai Sekda Sikka di Gedung SCC, Rabu (23/12)

Maumere-SuaraSikka.com: Sekda Sikka yang baru dilantik Adrianus Firminus Parera atau yang biasa disapa Alfin Parera, akan melakukan Tiga R sebagai langkah kerja jangka pendek ke depan.

Sekda Sikka Alfin Parera Akan Lakukan Tiga R
Sekda Sikka Adrianus Firminus Parera

Kepada wartawan, usai dilantik sebagai Sekda Sikka di Gedung SCC, Rabu (23/12), Tiga R yang dia maksudkan yakni Revitalisasi, Reorganisasi, dan Reorientasi.

Terkait revitalisasi, kata dia, selama ini dia melihat peran Sekretariat Daerah lebih kepada simbolik, administratif, dan semacam resepsionis. Peran Sekda sebagai advisor kepada Bupati Sikka, menurutnya, belum terlalu maksimal.

“Sekda harus mampu memberikan pikiran, masukan, saran, advokasi dan edukasi kepada Bupati, sebelum ada keputusan atau kebijakan. Ini yang harus dihidupkan kembali,” terang dia.

Dia juga menyinggung soal keinginannya melakukan reorganisasi. Dia beralasan struktur kesekretariatan daerah terlalu fragmentasi.

Menurut dia, struktur yang ada di sekretariat daerah sejatinya menggambarkan struktur yang ada di perangkat daerah. Dengan demikian, kata dia, pejabat yang berada di sekretariat daerah, cara berpikirnya harus lebih hebat dari kepala dinas.

Sekda Sikka Alfin Parera Akan Lakukan Tiga R
Sekda Sikka bersama mantan Penjabat Sekda Sikka

“Sehingga kalau Bupati meneruskan kebijakan, tidak langsung ke kepala dinas. Kalau Bupati perlu sekali, baru langsung ke kepala dinas,” tegas dia.

Yang terakhir yakni reorientasi. Alfin Parera melihat terlalu banyak tugas tambahan kepada sekretariat daerah yang justeru bisa mengakibatkan tugas utama tidak berjalan secara maksimal.

Dia memberi contoh di Bagian Ekonomi misalnya, dengan tugaa tambahan mengurus Perumda Air Minum Wair Puan.

“Ini tidak bisa. Harus diubah. Kita akan lihat kembali,” sebut dia.

Alfin Parera mengaku dalam suasana bahagia, terharu, dan penuh makna. Pelantikannya sebagai Sekda Sikka, bagi dia merupakan amanah, tanggung jawab dan perutusan.

Dia meyakini akan melaksanakan tugasnya secara maksimal dengan mendapat dukungan dari seluruh aparatur sipil negara dalam lingkup Pemkab Sikka

Sebelumnya Bupati Sikka melantik Alfin Parera sebagai Sekda Sikka. Bertindak sebagai saksi adalah Sekda Flotim Paulus Igo Geroda dan Yaku Ripa, dengan rohaniwan pendamping RD Yohanis Setu.

Sekda Sikka Alfin Parera Akan Lakukan Tiga R
Sekda Sikka yang baru dilantik pose bersama Bupati Sikka dan Ketua DPRD Sikka

Tampak hadir pada acara ini Ketua DPRD Sikka Donatus David, Wakil Ketua DPRD Sikka Yosep Karmianto Eri, jajaran Forkopimda, Penjabat Sekda Sikka Wihelmus Sirilus, Panitia Seleksi Calon Sekda Sikka, dan pimpinan organisasi perangkat daerah.

Sekda Sikka Alfin Parera Akan Lakukan Tiga R
Jajaran Forkopimda pada acara pelantikan Sekda Sikka

Dua calon Sekda Sikka yakni Yoseph Benyamin Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, dan Lukman
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu turut hadir dan memberikan dukungan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini