BPBD Sikka Belum Terima Laporan Bencana

0
139
Banjir bandang di Wairblerer, Minggu (17/1), mengakibatkan badan jalan rusak

Maumere-SuaraSikka.com: Saru hari setelah hujan deras dan banjir bandang pada sejumlah wilayah di Kabupaten Sikka, BPBD setempat belum menerima secara resmi laporan bencana.

Kepala BPBD Sikka Mohamad Daeng Bakir

“Belum ada laporan dari camat-camat. Mungkin sedang pendataan lapangan,” jelas Kepala BPBD Sikka Mohamad Daeng di ruang kerjanya, Senin (18/1).

Meski demikian Mohamad Daeng Bakir mengaku selalu mengikuti perkembangan informasi kebencanaan, terutama melalui media-media online dan televisi.

Dari informasi yang ada, BPBD Sikka langsung turun ke lokasi untuk mengetahui data awal perkembangan kejadian bencana pada sejumlah daerah.

“Kemarin tim sudah turun, seperti banjir bandang di Wairblerer, dan peristiwa oranga hanyut hingga meninggal di Masabewa,” jelas dia.

Hari ini, katanya, ada 2 tim yang turun lagi ke lokasi bencana, yakni di wilayah Desa Reroroja Kecamatan Magepanda dan Desa Korobhera Kecamatan Mego.

Untuk sementara, lanjut dia, terdapat 31 kepala keluarga terdampak banjir bandang. Mereka itu terdiri dari 23 kepala keluarga di Desa Reroroja, dan 8 kepala keluarga di Desa Wairblerer.

Crossway di Dusun Duli Desa Reroroja yang nyaris putus (foto: istimewa)

Fasilitas publik yang terdampak bencana, kata dia, yakni jembatan gantung di Arawawo, jembatan di Blidit, dan crossway di Dusun Duli Desa Reroroja.

Terkait tanaman pertanian dan perkebunan milik masyarakat yang disapu banjir bandang, BPBD Sikka belum mendapatkan data pasti.

“Tim saya sementara lakukan pendataaan di lapangan. Sambil itu saya berharap para camat segera membuat laporan resmi,” ungkap dia.

Sebagaimana diketahui, pada Minggu (17/1), terjadi hujan deras dengan intensitas sangat tinggi di Kabupaten Sikka. Akibatnya terjadi bencana pada sejumlah wilayah, dan 1 orang dipasitikan meninggal setelah disapu banjir bandang di Tanangalu Desa Masabewa Kecamatan Paga.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini