Crossway di Reroroja Magepanda Nyaris Putus

0
172
Crossway di Dusun Duli Desa Reroroja yang nyaris putus (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Banjir bandang di wilayah Kecamatan Magepanda, Minggu (17/1), mengakibatkan sebuah jembatan penyeberangan atau crossway di Desa Reroroja nyaris putus.

Crossway ini terletak di Kampung Dage Watu Ru’e Dusun Duli. Warga setempat sering menyebut dengan nama Jembatan Mini.

“Kondisi crossway sudah sangat parah setelah banjir kemarin. Hanya roda dua yang bisa lewat,” ujar Rudolfus Paskalis Dhika, seorang warga Reroroja, Senin (18/1).

Dia mengatakan crossway tersebut menghubungkan area pertanian kawasan Wolo Koli, Tenda Ki, Ire Lae dan sekitarnya.

“Jika tidak ditangani segera, bukan hanya memutus jalur transportasi menuju kawasan persawahan, tapi juga mengancam 17 KK yang ada di sekitar bantaran kali,” ungkap dia.

Dia menambahkan crossway ini dibangun dengan anggaran dari desa setempat. Kondisi saat ini, katanya, sudah tidak bisa lagi dengan dana minimalis dari desa, tetapi sebaliknya butuh intervensi APBD Kabupaten.

Camat Magepanda Pedro Rodriquez yang dihubungi dari Maumere, Senin (18/1), membenarkan crossway nyaris putus menyusul banjir bandang yang besar kemarin.

“Iya betul, ada satu RT yang tinggal di dekat situ,” ujar dia.

Dia mengatakan mobilitas kendaraan yang melintasi crossway masih sangat minim. Dia meminta kendaraan bermotor tingkatkan kewaspadaan, sambil pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi teknis.

Dari foto-foto yang diposting Rudolfus Paskalis Dhika, tampak pangkuan abutmen crossway sudah amblas, dan tersisa hanya plat beton.

Yoseph Mbele, salah seorang pengusaha konstruksi mengatakan kondisi crossway sudah sangat membahayakan, apalagi kalau dilintasi beban yang berat.

Hingga berita ini diturunkan belum ada pejabat instansi berwenang yang turun ke lokasi.*** (eny)

Operasi Lilin Turangga Mulai Hari Ini, Polres Sikka Apel Gelar Pasukan

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini