Viktor Minta Tambah 2 Bendungan

0
336

Maumere-SuaraSikka.com: Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat meminta tambahan 2 bendungan lagi untuk dibangun di daerah itu.

Permintaan tambahan bendungan dari Gubernur NTT disampaikan kepada Presiden Joko Widodo, Selasa (23/2) saat kunjungan kerja ke Desa Makata Keri Kecamatan Katikutama Kabupaten Sumba Tengah.

Perihal permintaan Gubernur NTT ini, disampaikan Presiden Jokowi ketika berpidato saat mengresmikan Bendungan Napung Gete di Desa Ilinmedo Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka, Selasa (23/2).

“Tadi pagi Gubernur menyampaikan kepada saya, minta tambah 2 (bendungan) lagi,” ujar Jokowi.

Presiden lalu membandingkan dengan propinsi lain yang paling banyak 1-2 bendungan. Sementara di NTT saja, sudah 7 bendungan, di mana 3 di antaranya sudah dia resmikan.

“Tapi ya memang di sini (NTT) sangat dibutuhkan,” tegas dia.

Jokowi mengatakan sudah tidak bisa menghitung lagi berapa kali dia berkunjung ke NTT.

“Yang saya ingat, pada kunjungan-kunjungan awal dulu, saya selalu menerima permintaan agar pemerintah membangun bendungan di provinsi ini. Dan itu betul, permintaan itu betul. Jangan minta yang lain-lain. Karena apa, kekurangan di NTT ini adah air,” ujar dia bersemangat.

Jokowi memastikan bahwa kunci kemakmuran di NTT adalah air. Begitu ada air, kata dia, semua bisa ditanam. Tanaman menjadi tumbuh dan hidup, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan. NTT juga, tambah dia, sangat bagus untuk sektor peternakan.

“Gubernur menyampaikan bahwa di Kabupaten Sumba Tengah, dulunya banyak ekspor sapi dari sana, ekspor sapi ke Hongkong. Ko berhenti? Karena memang kecukupan airnya kurang,” timpal presiden dua periode itu.

Selain Gubernur NTT, ternyata Bupati Sumba Tengah juga minta pembuatan embung baru. Jokowi sudah memerintahkan Menteri PUPR untuk melihat kemungkinan dibangun bendungan, embung, dan sumur bor.

Jokowi berharap bendungan-bendungan yang dibangun di NTT dapat memacu produktivitas sektor pertanian dan peternakan NTT, sekaligus mengangkat NTT dari ketertinggalan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini