Basarnas Maumere Selamatkan 50 Penumpang Pemana Raya

0
432
Tim Basarnas Maumere memdekati KM Pemana Raya yang mengalami mati mesin, Jumat (26/2) (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Tim Rescue Basarnas Maumere berhasil menyelamatkan 50 penumpang berikut anak buah kapal (ABK) Pemana Raya, Jumat (26/2).

Kapal motor ini mengalami mati mesin di perairan Pulau Pemana, sekitar 2,10 NM dari Pelabuhan Wuring di Kecamatan Alok Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana, melalui rilis resmi yang diterima media ini, menjelaskan pihaknya menerima informasi kecelakaan kapal dari seseorang yang bernama Hazar, sekitar pukul 15.00 Wita.

Upaya pertolongan kepada KM Pemana Raya yang mengalami kecelakaan kapal, Jumat (26/2) (foto: istimewa)

Informasi yang diterima bahwa KM Pemana Raya dengan rute Maumere-Pulau Pemana mengalami mati mesin.

Setelah mendapat informasi tersebut, Putu Sudayana langsung melaksanakan koordinasi dengan Potensi SAR yang berada di wilayah Kabupaten Sikka seperti Lanal Maumere, Dit Polair NTT dan Polair Sikka.

Dalam waktu 20 menit sesudahnya, Tim Rescue Basarnas Maumere berjumlah 4 personil menuju lokasi kejadian menggunakan RIB 500 PK. Sementara 10 personil lain menggunakan RB 212 Maumere.

Hanya butuh waktu 10 menit, Tim Basarnas Maumere berhasil menemukan Pemana Raya sekitar 0,70 NM dari lokasi kejadian.

Dua sarana pendukung.dalam pertolongan kecelakaan kapal, Jumat (26/2) (foto: istimewa)

Selanjutnya dilaksanakan pergantian accu oleh teknisi, sehingga mesin Pemana Raya hidup kembali. Kapal ini melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pemana.

Setelah Pemana Raya kembali normal, semua personil Tim Basarnas Maumere dan perangkat pendukung langsung kembali. Pemana Raya bersandar aman di Dermaga Pulau Pemana pada pukul 18.45 Wita.

Putu Sudayana memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Tim Rescue Basarnas Maumere yang telah melaksanakan Operasi SAR terhadap KM Pemana Raya dengan respon time yang cepat sehingga operasi berjalan dengan aman dan lancar.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini