Spater Maumere Gelar Festival Literasi

0
808
SMPK Frater Maumere

Maumere-SuaraSika.com: SMPK Frater Maumere bakal menggelar Festival Literasi (Festas) Tahun 2021. Kegiatan berlangsung kurang lebih 1 bulan, sejak 24 Maret 2021 hingga 21 Mei 2021.

Festas itu sendiri dibagi menjadi dua kelompok yakni Festival Literasi Tingkat Sekolah Dasar sedaratan Flores dan Lembata, dan Festival Literasi Tingkat Sekolah.

Untuk Festas Tingkat SD, sasaran peserta adalah pelajar kelas IV, V, dan VI, sedangkan Festas Tingkat Sekolah dikhususkan bagi pelajar SMPK Frater Maumere.

Koordinator Festas 2021 Kosmas Moat Abong (foto: istimewa)

Koordinator Festas 2021 Kosmas Lakabendi Moat Abong menjelaskan Festas SMPK Frater Maumere meliputi 8 bidang lomba yakni TikTok, Modern Dance, Tarian Tradisional, Musik Tradisional, Vocal Solo, Cipta Baca Puisi, dan Mendongeng.

Panitia telah membuka pendaftaran sejak 5 Maret 2021 hingga 20 Maret 2021. Formulir pendaftaran dapat diakses melalui link http://forms.gle/VLpirXFJ4xmgEba8. Panitia membebaskan biaya pendaftaran. Sementara tehnical meeting akan dilaksanakan pada 23 Maret 2021.

Dia menambahkan seluruh materi bidang lomba dibuat dalam bentuk video. Batas akhir pengumpulan karya video yakni 21 April 2021.

Secara teknis, kata dia, setelah karya video dikirim, Panitia Festas akan mengunggah karya video tersebut ke publik pada 20-24 April 2021.

Seterusnya pada 26 April 2021 Panitia akan membagikan link kepada peserta, untuk diunggah dan mendapat respon publik dalam rentang waktu hingga 15 Mei 2021. Share link video oleh peserta melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhattsApp.

Beberapa anggota Panitia Festas 2021 (foto: istimewa)

Penentuan juara dari masing-masing lomba, melalui 2 kriteria penilaian, yakni melalui jumlah viewer pada video peserta, dan yang kedua berdasarkan penilaian Tim Juri. Panitia telah menyiapkan hadiah bagi para peserta yang menjuarai kegiatan ini dengan total Rp 30 juta.

Kosmas Abong yang biasa disapa Endi menjelaskan saat ini informasi publik tentang Festas 2021 baru sebatas melalui media sosial. Rencananya Panitia akan mengirim Panduan Festas 2021 kepada setiap SD di Flores dan Lembata melalui Dinas PKO masing-masing kabupaten.

“Kami sudah buatkan panduan, dan semua hal terkait Festas 2021 terangkum di situ. Panduan bisa diakses di link https://drive.google.com/file/d/1N1B1lux2dGf9mPX8JFn7dFoYFm4Jdmmc/view?usp=sharing,” jelas dia.

Panitia Festival 2021 sedang melaksanakan pertemuan persiapan kegiatan (foto: istimewa)

Panitia Festas 2021, kini terus melakukan persiapan. Mereka rutin menggelar pertemuan, agar kegiatan ini dapat berlangsung sukses.

Sementara itu Kepala SMPK Frater Maumere Frater Maria Herman Yoseph mengatakan pihaknya mendorong peningkatan literasi dasar sebagai salah satu alternatif untuk membentuk kompetensi berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan kolaborasi generasi muda.

Kepala SMPK Frater Maumere Herman Yoseph

“Ini sejalan dengan visi dan misi SMPK Frater Maumere,” kata dia.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan terbesar dan terpercaya di Kabupaten Sikka, kegiatan Festas 2021, kata dia, untuk menjawabi cita-cita besar pendidikan nasional, sekaligus menjawabi rencana strategis SMPK Frater Maumere saat ini.

Festas 2021 mengambil tema umum Semangat Berkarya Membangun Bangsa, dengan tema khusus Aku Cinta SMP Katolik Frater Maumere.

Kepala SMPK Frater Maumere bersama beberapa.pelajar sekolah itu (foto: istimewa)

Frater Herman Yoseph berharap Festas 2021 dapat meningkatkan kualitas hidup generasi muda Indonesia dan dapat merevolusi karakter bangsa.

Lebih khusus, tambah dia, Festas 2021 dapat memberikan penguatan pendidikan karakter untuk Generasi Emas di Nusa Tenggara Timur.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini