742 KK di Sikka Terdampak Seroja

0
371
742 KK di Sikka Terdampak Seroja
Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sikka Agustinus Ostakhius

Maumere-SuaraSikka.com: Kabupaten Sikka ternyata juga diterjang badai siklon tropis seroja pada awal April 2021 lalu. Tercatat 742 kepala keluarga yang terdampak.

Data yang dihimpun media ini dari BPBD Sikka, 742 KK yang terdampak tersebar pada 12 desa dan 2 kelurahan di 8 kecamatan.

Kecamatan Alok paling tinggi jumlah terdampak yakni sebanyak 387 KK terdiri dari Pemana 196 KK dan Semparong 191 KK.

Menyusul setelah itu Kecamatan Talibura sebanyak 111 KK, terdiri dari Wailamung 52 KK, Lewomada 34 KK, dan Darat Pantai 25 KK.

Kecamatan Alok Timur dengan 92 KK terdampak, terdiri dari Parumaan 70 KK, Kojagete 17 KK, Waioti 4 KK, dan Wairotang 1 KK. Berikut Kecamatan Kangae sebanyak 77 KK terdiri dari Waiara 41 KK dan Watumilok 36.

Selanjutnya Geliting di Kecamatan Kewapante 37 KK, Mbengu di Kecamatan Paga 29 KK, dan Kolisia B di Kecamatan Magepanda 9 KK.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sikka Agustinus Ostakhius menjelaskan badai siklon tropis seroja di Kabupaten Sikka mengakibatkan banjir rob dan angin kencang di beberapa wilayah.

“Semua wilayah terdampak mengalami banjir rob. Di Lewomada, disertai angin kencang,” ujar dia di ruang kerjanya, Senin (19/4).

Akibat badai siklon tropis seroja, kata dia, puluhan rumah rusak, begitu juga sejumlah tanggul penahan gelombang jebol, sampan nelayan jadi korban, dan kerusakan jalan pada beberapa titik.

Terhadap bencana yang berdampak kepada 742 KK, lanjut dia, pihaknya sudah menyalurkan bantuan logistik. Masih tiga lokasi yang belum tersentuh yakni Waioti, Wairotang, dan Mbengu.

Catatan media ini, banjir rob dari Laut Flores sempat meluap hingga rumah penduduk di Desa Semparong. Ratusan warga terpaksa mengungsi.

Demikian juga banjir rob di Perairan Waiara, membuat warga mengungsi ke Aula UPP Coklat Waipare. Warga pengungsi sempat dikunjungi Menteri Sosial Tri Rismaharini.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini