Kemensos Kirim 1 Unit Exavator ke Flotim

0
533
Kemensos Kirim 1 Unit Exavator ke Flotim
Exavator bantuan Kemensos RI (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Kemensos RI mengirim 1 unit exavator ke Kabupaten Flotim. Alat berat itu bakal difungsikan untuk proses tanggap darurat di Pulau Adonara paska banjir bandang dan longsor akibat badai siklon tropis seroja beberapa waktu lalu.

Exavator bantuan Kemensos diangkut KRI Tanjung Kambani 971. Kapal ini tiba dan bersandar di Pelabuhan Larantuka, Senin (19/4) pukul 11.55 Wita. Setidaknya terdapat 11 Perwira dan 125 Prajurit yang ikut pada kapal ini.

Bersamaan dengan exavator, kapal ini juga mengangkut
berbagai macam bantuan logistik dari Jakarta dan Surabaya dalam rangka menyalurkan bantuan untuk korban terdampak bencana.

Bantuan tersebut terdiri dari berbagai macam kebutuhan hidup sehari-hari seperti, beras, mie instan, air mineral kemasan, pakaian layak pakai, makanan bayi, tenda, selimut, alat mandi, perlengkapan ibadah, obat-obatan, dan masker. Semuanya merupakan bantuan dari Kemensos.

Kehadiran kapal pengangkut bantuan Kemensos ini disambut Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, Kasiops Kodim Flotim Kapten Weking, dan Kasat Tahpi Polres Flotim Iptu Atam.

Tampak hadir juga Dankal Balibo Lettu Laut (P) Malik Setia Budi, Syahbandar Larantuka Sailudin Umar, Danposmat Flotim Serka Kom Bayu Primanto serta Tim Satgas Bencana Pulau Adonara dan Lembata dari Lanal Maumere, dan Yonmarhanlan VII Kupang.

Sementara Kasi Pemanfaat Logistik Kemensos RI Muhammad Delmi, selaku pejabat yang mewakili Kemensos RI sudah lebih dulu tiba di Larantuka.

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada Bupati Flotim, Senin (19/4) (foto: istimewa)

Komandan KRI Tanjung Kabani 971 Letkol Laut (P) Tri Hidayat didaulat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Flotim Antonius Hadjon selaku Dansatgas Bencana Alam Kabupaten Flotim.

Bantuan dari Kemensos RI selanjutnya akan disalurkan kepada para korban terdampak bencana di Kabupaten Flotim dan Kabupaten Lembata.

KRI Tanjung Kabani 971 merupakan kapal kelima yang dikerahkan TNI-AL untuk mengangkut bantuan ke daerah bencana di NTT.

Misi ke Larantuka kali ini dalam rangka Ops Tameng Nusa Tenggara Timur BKO Guskamla Koarmada II untuk mendukung logistik bantuan sosial korban badai siklon seroja di Flotim dan Lembata.

Pose bersama usai serah terima bantuan Kemensos RI, Senin (19/4) (foto: istimewa)

Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi menjelaskan pihaknya bertugas mengawal bantuan bencana alam agar sampai di daerah sasaran dengan baik.

Pulau Adonara dan Pulau Lembata merupakan wilayah kerja Lanal Maumere. Di Kabupaten Flotim terdapat Posmat dan di Kabupaten Lembata terdapat Posal.

Keberadaan Posal maupun Posmat, kata dia, merupakan perpanjangan tugas organisasi TNI-AL di daerah dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini