Kreatifitas Anak Napoli pada Hardiknas

0
193
Kreatifitas Anak Napoli pada Hardiknas
Peserta Lomba Hardiknas di Napoli, memperlihatkan hasil karya mereka (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Anak-anak Dusun Nara di Desa Lepolima (Napoli) di Kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka, memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Minggu (2/5) dengan beragam kegiatan kreatifitas.

Mereka menggelar sejumlah perlombaan seperti mewarnai, melukis dan lomba lari estafet. Setidaknya 15 peserta yang terlibat, dari usia 4 tahun sampai usia Kelas VI sekolah dasar.

Kegiatan satu hari itu dikemas rapi dalam suasana penegakkan protokoler kesehatan. Satgas Covid Lepolima mengawasi seluruh kegiatan perlombaan.

Hardiknas tahun ini mengangkat tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”. Inilah yang mendorong semangat anak-anak Napoli.

Wakasek Kesiswaan SMPK Frater Maumere Polycarpus Pada

Polce Pada, koordinator kegiatan, mengatakan Hardiknas tahun ini menjadi momentum penting pendidikan nasional, agar secara kreatif menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid.

Selain itu, kata dia, momentum ini mendorong pelibatan dan partisipasi masyarakat, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Masa depan dan kualitas pendidikan anak menjadi tanggung jawab bersama baik sekolah, pemerintah maupun masyarakat,” ujar guru pada SMPK Frater Maumere itu.

Polce Pada menyebut kegiatan yang sederhana itu bertujuan untuk mengasah kreatifitas dan menanamkan nilai-nilai moral agar menjadi kebiasaan yang positif.

Inisiatif warga, kata dia, menyusul kebijakan pembatasan belajar mengajar tatap muka. Akibat kebijakan tersebut, banyak anak lebih memilih bermain.

Kegiatan peringatan Hardiknas dilaksanakan di RT 09 Dusun Nara 2 Desa Lepolima. Terpusat pada sebuah lapangan voli di dusun itu.

Sebelum kegiatan dimulai anak-anak diedukasi untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Pandemi covid tidak membatasi ruang kreatifitas anak-anak Napoli untuk berekspresi,” ungkap dia bangga.

Grace Lado dari panitia pelaksana, mengatakan kegiatan positip itu dilakukan untuk mengembangkan potensi dan bakat anak-anak Napoli agar mengurangi waktu bermain yang tidak efektif.

“Para pemenang lomba diberikan penghargaan berupa hadiah hiburan sebagai motivasi,” ungkap Grace, siswi SMPK Frater Maumere.

Kegiatan ini mendapat respon positip dan apresiasi dari orang tua peserta dan warga setempat.

Benidiktus Leda, perwakilan orang tua, sangat mendukung kegiatan ini. Dia berharap anak-anak sejak dini dibekali kegiatan bermanfaat untuk pengembangan potensi diri agar tumbuh dengan nilai-nilai positip.

“Harapan kami kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan secara rutin dengan bentuk kegiatan yang lebih variatif mengingat waktu belajar tatap muka di sekolah dibatasi. Biar waktu mereka di rumah diisi dengan kegiatan kreatif,” ungkap Bento yang juga Ketua Karang Taruna Desa Lepolima

Apresiasi datang juga dari Kepala Desa Lepolima Almus Martinus Geri. Buat dia, kegiatan kreatif ini untuk pengembangan minat dan bakat anak-anak Napoli agar tetap semangat di tengah masa sulit Covid ini.

“Pada prinsipnya kami mendukung kegiatan ini dan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Karena kasus covid semakin meningkat di wilayah Kabupaten Sikka. Harapannya di sela-sela kegiatan tetap ada edukasi protokol kesehatan,” harap dia.

Kegiatan ini berjalan aman dan lancar. Anak-anak Napoli peserta lomba sangat antusias mengikuti semua proses kegiatan.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini