Laga Panas Akhir Pekan

0
152
Laga Panas Akhir Pekan
Ilustrasi

Maumere-SuaraSikka.com: Liga Spanyol memasuki pekan ke-35. Laga menarik bakal berlangsung panas di akhir pekan ini antara Atletico Madrid bentrok Barcelona.

Atletico Madrid, masih kokoh di puncak klasemen dengan torehan 76 poin, hasil dari 23 kali menang, 7 kali seri, dan 4 kali kalah.

Barcelona menempel ketat di peringkat ketiga dengan 74 poin, hasil dari 23 kali menang, 5 kali imbang, dan 6 kali kalah.

Perolehan poin Barcelona sama dengan milik Real Madrid yang ada di peringkat kedua. Tim asuhan Ronald Koeman kalah head to head dari Los Galacticos.

Duel seru dua kandidat peraih tropi musim 2020/2021 itu bakal digelar Camp Nou pukul 21.15 WIB, Sabtu (8/5).

Bentrok Barcelona versus Atletico diprediksi bakal berlangsung panas sejak menit awal. Hasil 3 poin setidaknya menjadi signal positip untuk menuju podium musim ini.

Dari posisi klasemen sementara dan perolehan poin, Atletico bakal lengser jika Barcelona menang. Bahkan, Blaugrana bisa seterusnya bertengger di puncak bila Real Madrid gagal mengalahkan Sevilla pekan ini.

Fakta itu membuat laga Barcelona versus Atletico bakal berlangsung panas. Blaugrana akan mengejar gol secepat-cepatnya demi memastikan kemenangan.

Namun, Atletico tidak akan tinggal diam dan membiarkan Barcelona menguasai permainan. Bahkan, ada kemungkinan tim asuhan Diego Simeone itu juga bakal bermain terbuka.

Hawa panas juga dipicu oleh sistem peringkat di Liga Spanyol. Dalam menentukan peringkat di klasemen, La Liga memakai head to head jika ada dua tim yang memiliki poin sama.

Pada putaran pertama musim ini, Barcelona kalah di kandang Atletico dengan skor, 0-1. Jadi, posisi Atletico sekarang unggul head to head atas Barcelona.

Tidak ada pilihan bagi Lionel Messi dan kawan-kawan harus memenangkan pertandingan pada putaran kedua ini.

Barcelona bahkan harus menang dengan selisih gol lebih dari 1. Dengan begitu, Blaugrana punya head to head agresivitas gol yang lebih baik atas Atletico jika kedua tim memiliki poin yang sama di akhir musim.

La Liga musim ini tinggal menyisakan empat partai lagi, termasuk laga pekan ke-35 nanti. Semua tim yang masih punya kepentingan, baik bersaing menjadi juara, lolos ke kompetisi Eropa, atau menghindar dari degradasi tidak punya toleransi kekalahan.

Termasuk pertandingan Barcelona kontra Atletico nanti. Jika sampai kalah, baik Blaugrana maupun Los Colchoneros bakal kesulitan mengejar target juara.

Maka dari itu, laga malam nanti bakal panas sejak menit awal. Sebab, kedua tim tidak ingin menelan kekalahan.

Tuntutan menang yang dihadapi Barcelona dan Atletico membuat pelatih kedua tim tidak punya pilihan untuk menerapkan pola permainan terbuka. Hanya dengan skema tersebut, maka peluang untuk memenangkan pertandingan jadi lebih besar.

Menariknya, kedua tim punya materi pemain kelas satu dalam kualitas memainkan pola permainan menyerang. Barcelona misalnya, ada Lionel Messi, Ousmane Dembele, hingga Antoine Griezmann.

Sementara Atletico punya Luis Suarez, Yannick Carrasco, Marcos Llorente, hingga Joao Felix.

Striker Atletico, Luis Suarez akan kembali ke Camp Nou sebagai lawan. Jika diturunkan pada pertandingan nanti, dia bakal memanaskan atmosfer laga.

Apalagi Luis Suarez terkenal gemar melakukan provokasi terhadap pemain lawan. Hal itu patut dijadikan alasan untuk memprediksi laga Barcelona versus Atletico bakal panas.

Luis Suarez merupakan pemain yang pada musim panas tahun lalu dibuang Barcelona. Datangnya Ronald Koeman sebagai pelatih membuatnya kehilangan peran karena tidak masuk dalam rencana.

Pemain Barcelona merayakan kemenangan (foto: istimewa)

Perjumpaan Barca dan Atletico pada akhir pekan ini akan menjadi yang ke-215 bagi kedua tim. Dari 214 pertemuan, catatan Barcelona lebih bagus ketimbang rekor Atletico. Los Blaugrana meraih 95 kemenangan. Atletico sendiri baru meraih 68 kemenangan. Sementara, 51 laga sisanya berakhir imbang.

Untuk urusan produktivitas gol pun, Barcelona lebih garang ketimbang Los Colchoneros. Dalam 214 pertemuan dengan Atletico, mereka sudah mencetak 399 gol. Sementara, Atletico mencetak 317 gol ke gawang Barcelona.

Musim ini, Barcelona menjadi tim dengan catatan bagus pada penyerangan. Sejauh ini mereka memiliki catatan sebagai tim dengan kualitas peluang tertinggi di La Liga.

Laman Understat mencatat Barcelona memiliki nilai expected goals sebesar 77,63.

Para punggawa Barcelona pun mampu memanfaatkan dengan baik peluang-peluang berkualitas yang mereka miliki. Untuk urusan mencetak gol, Lionel Messi dan kawan-kawan menjadi yang terbaik saat ini. Mereka telah mencetak 80 gol sejauh ini.

Di sisi lain, untuk urusan pertahanan, catatan Barca tidak sebaik lini serang mereka. Barcelona memiliki nilai expected goals against sebesar 36,89, hanya berada di peringkat keenam.

Namun, anak asuh Ronald Koeman ini masih beruntung karena dari nilai xGA sebesar 36,89, gawang mereka hanya kebobolan 33 gol. Catatan ini menempatkan mereka berada di peringkat keempat dalam daftar tim La Liga 2021 yang paling sedikit kebobolan musim ini.

Para pemain Atletico merayakan kemenangan atas Barcelona pada pertemuan pertama musim ini di stadion Wanda Metropolitano, Madrid, (21/11/2020) (foto: istimewa)

Berbeda dengan Barcelona, Atletico memiliki kelebihan dalam pertahanan. Laman Understat mencatat bahwa skuad besutan Diego Simeone ini memiliki nilai xGA sebesar 31,61, berada di peringkat kedua di antara tim-tim La Liga musim ini. Artinya, Atletico jarang memberi kesempatan lawan untuk menciptakan peluang membobol gawang mereka.

Untuk urusan kebobolan, catatan Atletico lebih bagus lagi. Sejauh ini, mereka baru kebobolan 30 gol. Mereka merupakan tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di La Liga sejauh ini.

Di sisi penyerangan, Atletico memiliki nilai xG sebesar 50,92, yang hanya berada di peringkat keenam. Namun, Luis Suarez dan kawan-kawan sangat ciamik dalam memanfaatkan peluang-peluang yang mereka miliki.

Walhasil, Atletico mampu mencetak 61 gol, yang menjadikan mereka menempati peringkat kedua dalam daftar tim paling produktif sejauh ini. Jauhnya selisih positif jumlah gol yang dicetak dengan nilai xG ini menunjukkan ketajaman para punggawa Atletico dalam memanfaatkan peluang, yang secara matematis, tak terlalu bagus.

Laman statistik Understat menilai dengan performanya sejauh ini, Barcelona seharusnya memiliki nilai 71,39 dan memimpin klasemen sementara La Liga. Namun, kenyataannya, Barcelona sukses meraih 74 poin.

Artinya, raihan poin mereka saat ini lebih bagus ketimbang yang diprediksi. Kegagalan mereka menempati peringkat pertama, seperti yang diprediksi, lebih karena ada tim lain yang menunjukkan performa lebih ciamik.

Tim yang menunjukkan performa lebih ciamik tersebut adalah Atletico. Laman Understat mencatat Atletico seharusnya memiliki raihan poin sebesar 59,39 dan berada di peringkat lima klasemen sementara.

Namun, kenyataannya, Atletico sukses meraih 76 poin yang menempatkannya di puncak klasemen sementara.

Ini menunjukkan bahwa kedua tim sama-sama menunjukkan overperformance. Barcelona bagus. Namun, Atletico lebih bagus lagi.

Bisa jadi inilah yang membuat laman Infogol menjagokan Atletico bakal menjadi kampiun La Liga musim ini.

Lionel Messi akan menjad mimpi buruk bagi Atletico di laga nanti. Sebab, dia tidak hanya akan mengandalkan kemampuan mencetak gol saja, namun juga mengandalkan kreativitasnya untuk membantu Barcelona meraih poin penuh.

Luis Suarez pun tetap akan menjadi andalan untuk menjadi juru gedor Atletico. Apalagi El Pistolero diyakini memiliki motivasi tinggi untuk membuktikan kapasitasnya kepada Barcelona yang telah mencampakkannya.*** (*/eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini