Indahnya Toleransi, Open House Idul Fitri Digelar di Rumah Keluarga Nasrani

0
2271

Maumere-SuaraSikka.com: Open house sudah menjadi hal biasa pada saat Idul Fitri. Di Maumere Kabupaten Sikka, agak unik sedikit. Seorang pria Muslim menggelar open house sederhana di rumah keluarga Nasrani.

Menariknya juga, tamu undangan yang datang didominasi oleh penganut agama Katolik. Selain keluarga, yang datang merayakan Idul Fitri adalah relasi dan kawan-kawan.

Richard Ambuwaru bersama keluarga yang mengikuti open house Idul Fitri, Kamis (13/5)

Frids da Lopez bersama Erna da Silva, keluarga Nasrani itu dengan senang hati menjadikan rumahnya sebagai tempat open house bagi pria Muslim ini. Kebetulan mereka masih ada hubungan keluarga.

Pasutri ini menyiapkan makanan sederhana sebagaimana layaknya kaum Muslim merayakan hari kemenangan. Ada ketupat, ada opor ayam, ikan bakar, minuman ringan, dan menu lainnya.

Tamu keluarga mengikuti open house Idul Fitri di rumah Frids da Lopez, Kamis (13/5)

Pria Muslim ini sebenarnya berdomisili di Kota Ende Kabupaten Ende. Dia sering bolak-balik Ende Maumere untuk urusan bisnis dan pekerjaan. Dua bulan terakhir ini dia lebih banyak berada di Maumere.

Pria itu, Richard Ambuwaru, rencananya melaksanakan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri bersama keluarganya di Jalan Banteng Ende. Namun karena urusan pekerjaan, ditambah larangan mudik menyebabkan bujangan tersebut terpaksa menunaikan ibadah di Maumere.

Selama menjalankan ibadah puasa, Richard Ambuwaru lebih sering melaksanakannya di rumah Frids da Lopez di Jalan Kartini Kelurahan Beru. Dia berbuka puasa di situ, termasuk juga sahur di tempat itu.

Richard Ambuwaru sudah terbiasa hidup bertoleransi dengan kaum Nasrani. Apalagi ayahnya, Agil Ambuwaru, seorang mantan jaksa dan mantan anggota DPRD Ende, memiliki hubungan keluarga kawin-mawin dengan orang-orang Katolik di Kabupaten Sikka.

Pagi tadi, Richard Ambuwaru sengaja melaksanakan Sholat Id di kamarnya. Dia tidak sholat berjamaah di masjid, dengan alasan menjaga protokoler kesehatan.

Suasana open house penuh dengan kegembiraan dan suka cita. Apalagi pada Kamis (13/5) hari ini, penganut Katolik merayakan juga peringatan Kenaikan Isa Almasih.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini