Golkar Sikka Usulkan 7 Cabup dan 11 Cawabup

0
3741
Golkar Sikka Usulkan 7 Cabup dan 11 Cawabup
Ketua Partai Golkar Sikka Gorgonius Nago Bapa

Maumere-SuaraSikka.com: Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Sikka 2024-2029 masih 3 tahun lagi. Namun Partai Golkar sudah mulai bikin panas tensi politik. Partai berlambang pohon beringin ini telah mengusulkan 7 calon Bupati dan 11 Calon Wakil Bupati.

Daftar nama Cabup dan Cawabup Partai Golkar dikirim secara berjenjang ke Partai Golkar NTT di Kupang.

Sebanyak 18 nama calon pemimpin itu tertuang dalam surat Nomor 283/DPD-PG/SKA/V/2021 tertanggal 15 Mei 2021 yang ditandatangani Gorgonius Nago Bapa dan Yohanes Yunus Parera selaku Ketua dan Sekretaris DPD Partai Golkar Sikka.

Ketua Partai Golkar Sikka Gorgonius Nago Bapa menempati nama pertama dalam daftar Cabup Sikka. Menyusul di bawahnya kader Partai Golkar Sikka Leonardus Ferdiyanto Moat Lering yang juga adalah General Manager Kopdit Obor Mas. ,

Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo berada di urutan ketiga. Partai Golkar pernah menduetkan Alexander Bapa dan Robby Idong pada Pilkada Sikka Tahun 2008.

Mantan Penjabat Bupati Sikka Floriyanus Mekeng diusulkan di posisi keempat. Flory Mekeng kini sedang serius memperkenalkan diri ke tengah masyarakat.

Zakarias Heriando Siku, mantan Kepala Bappeda Sikka berada di urutan kelima. Birokrat cerdas ini pernah menjadi Cawabup Partai Golkar pada Pilkada Sikka Tahun 2013. Dia berpasangan dengan Ketua Partai Golkar Rafael Raga sebagai Cabup.

Selanjutnya di posisi keenam tercatat nama Bernadus Ratu, birokrat aktif yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Sikka.

Di posisi buncit, ada nama mantan Bupati Sikka Alexander Longginus. Munculnya nama mantan Ketua DPC PDIP Sikka itu menjadi trend politik baru di tubuh Partai Golkar.

Sekretaris Partai Golkar Yohanes Yunus Parera menempati posisi pertama dalam daftar Cawabup. Berikutnya berturut-turut 4 kader Partai Golkar yakni Antonius Hendrikus Rebu, Paulus Papo Belang, Fransiskus Siku Parera, dan Maria Angelorum Mayestatis.

Selanjutnya tiga putra dari Lio masuk dalam barisan daftar yakni Robertus Ray, Fransiskus Laka, dan Henderikus Blasius Sali. Robertus Ray kini Asisten Pemerintahan Setda Sikka, Fransiskus Laka mantan Direktur PD Wair Puan, dan Henderikus Blasius Sali kini Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sikka.

Anggota Fraksi Partai Golkar NTT Petrus Brechmans Robbytulus berada di urutan kesembilan. Menyusul setelah itu Sekda Sikka Adrianus Firminus Parera.

Paling akhir ada nama Margaretha Movaldes da Maga Bapa, kini Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Sikka. Dia menjadi satu-satunya perempuan yang masuk dalam daftar 18 calon pemimpin.

Dalam surat yang sama, Partai Golkar Sikka juga mengusulkan daftar nama calon legislatif pada Pemilihan Umum 2024, dari tingkat pusat, propinsi, dan kabupaten.

Melchias Markus Mekeng masih menjadi faktor penting untuk kursi DPR, didampingi Herman Hayong dan Shinta Maku Djawa. Selanjutnya Petrus Brechmans Robbytulus Bapa, calon tunggal untuk DPRD NTT.

Lalu sebanyak 79 nama diusulkan menjadi calon legislatif Sikka, tersebar pada empat daerah pemilihan.

Dapil 1 meliputi Kecamatan Alok, Alok Timur, Alok Barat, dan Palue terdapat 28 nama. Lalu Dapil 2 meliputi Kecamatan Hewokloang, Kewapante, Kangae, Koting, dan Lela terdapat 15 nama.

Seterusnya 20 nama pada Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Waiblama, Talibura, Waigete, Mapitara, Bola, dan Doreng.

Dan Dapil 4 meliputi Kecamatan Tanawawo, Paga, Mego, Nita, dan Magepanda dengan 16 nama.

Ketua Partai Golkar Sikka Gorgonius Nago Bapa dalam surat tersebut menjelaskan daftar usulan nama yang dikirim ke Kupang, untuk mengikuti proses penjaringan.

Catatan media ini, untuk posisi Cabup, sudah menjadi tradisi bagi Partai Golkar yakni mementingkan figur partai. Dan personifikasi dari figur partai yakni Ketua Partai Golkar.

Pada Pilkada Sikka Tahun 2013, Partai Golkar Sikka mendorong Rafael Raga, Ketua Partai Golkar waktu itu menjadi Cabup.

Selanjutnya Rafael Raga dalam kapasitas yang sama didaulat menjadi Cawabup pada Pilkada Sikka Tahun 2018. Dia dipasangkan dengan petahana Yoseph Ansar Rera dari Partai Nasdem Sikka.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini