Wakil Sikka Dinobatkan Jadi Duta GenRe NTT 2021

0
659
Wakil Sikka Dinobatkan Jadi Duta GenRe NTT 2021
Maria Anthonia Gadi Djou pose bersama Kepala Perwakilan BKKBN Prop NTT Marianus Mau Kuru dan para juri Ajang Apresiasi dan Pemilihan Duta GenRe NTT Tahun 2021, Sabtu (22/5) (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Anthonia Maria Gadi Djou, dinobatkan sebagai Juara 1 Puteri Duta GenRe (Generasi Berencana) NTT Tahun 2021. Pelajar yang baru lulus dari SMAK Frater Maumere itu mewakili Kabupaten Sikka.

Kabupaten Sikka sendiri mengirim perwakilan 2 orang. Selain Anthonia Maria Gadi Djou, dikirim juga Yosafat Yerianto. Dua wakil ini merupakan Duta GenRe Sikka 2021.

Yosafat Yerianto pelajar Kelas XI SMAN 1 Maumere, gagal mengikuti jejak rekannya. Duta GenRe Sikka 2021 dari kategori putera itu hanya mampu menembus 20 besar.

Maria Anthonia Gadi Djou pose bersama sejumlah staf Dinas P2KBP3A Sikka (foto: istimewa)

Prestasi Anthonia Maria Gadi Djou menjadi istimewa sekali untuk Kabupaten Sikka. Pasalnya, sudah tiga tahun berturut-turut, wakil dari Sikka selalu menembus babak final dan menjadi juara.

Pada tahun 2019,
Glen Febrian Daniel O. Buol menjadi Juara 1 Putera Duta GenRe NTT. Selanjutnya tahun 2020, giliran Petrasia Depe Gani menjadi Juara 1 Puteri Duta GenRe NTT.

Kepala Dinas P2KBP3A Sikka Maria Bernadina Sada Nenu pose bersama sejunlah Duta GenRe (foto: istimewa)

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Sikka Maria Bernadina Sada Nenu mengaku bangga dengan prestasi yang diraih wakil dari Sikka.

Maria Bernadina Sada Nenu menjelaskan untuk lomba tingkat NTT yang digelar Sabtu (23/5), setiap kabupaten/kota mengirim satu pasang Duta GenRe Putera Puteri dalam lomba dengan tajuk Ajang Apresiasi dan Pemilihan Duta GenRe Propinsi NTT.

“Ada 16 kabupaten/kota yang mengirim perwakilannya. Kegiatan berlangsung secara virtual dan tatap muka, berlangsung di Hotel Kristal Swiss Bellin,” jelas dia, Minggu (23/5) malam.

Terdapat tiga orang yang menjadi juri pada ajang ini, yakni Michael Yance Galmin selaku Koordinator Bidang KSPK Provinsi NTT, lalu seorang Psikolog Akademisi bernama Dian Lestari Anakaka, dan Agustinus Lado Brewon, Wakil Ketua Pengurus Daerah Bidang Anak dan Remaja PKBI.

Suasana kegembiraan usai pengumuman Pemilihan Duta GenRe NTT (foto: istimewa)

Maria Bernadina Sada Nenu mengatakan para Duta GenRe Kabupaten Sikka dan NTT dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan Program GenRe Dinas P2KBP3A di sekolah-sekolah, kelompok-kelompok remaja seperti PIK Remaja maupun PIK Mahasiswa, dan kelompok kegiatan Bina Keluarga Remaja (BKR) di desa/kelurahan yang menjadi Kampung KB.

Peran Duta GenRe, kata dia, menjadi pendidik sebaya remaja2 lain dalam mendapatkan informasi yg benar tentang Triad KRR, Kesehatan Reproduksi Remaja,.meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang program GenRe, Program Bangga Kencana, dan pembangunan keluarga kependudukan KB.

“Dengan demikian remaja tidak terjerumus dalam permasalahan-permasalahan remaja seperti seks pra nikah, hamil di luar nikah, napza, serta infeksi IMS, dan HIV/AIDS,” papar dia.

Maria Bernadina Sada Nenu mengatakan sebelum melangkah ke lomba tingkat NTT, Kabupaten Sikka telah menggelar seleksi Pemilihan Duta GenRe Tingkat Kabupaten pada April 2021. Seleksi ini diikuti 51 peserta remaja usia 15 tahun sampai 24 tahun, dan belum menikah.

“Kami lakukan secara virtual dan tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar mantan Kepala Dinas Kesehatan Sikka itu.

Dari 51 peserta, Dinas P2KBP3A Sikka mendapatkan 10 besar untuk dilakukan seleksi lagi oleh tim juri. Hasilnya diperoleh sepasang Duta GenRe Kabupaten Sikka Putera dan Puteri.

Anthonia Maria Gadi Djou, Juara I Puteri Duta GenRe NTT bergembira bersama staf Dinas P2KBP3A Sikka (foto: istimewa)

Adapun hasil Ajang Apresiasi dan Pemilihan Duta GenRe Propinsi NTT, sebagai berikut:

Kategori Putera
Juara I Dionisius Putra Adja (Lembata)
Juara II Hendrikus Mite Neu (Nagekeo)
Juara III Hieronimus Seingo Riti (Sumba Barat Daya
Juara Harapan I Philipe Rinaldy Pakaenoni (TTU)
Juara Harapan II Claudio Erstesohneager Mon (Manggarai Barat)

Kategori Puteri
Juara I Anthonia Maria Gadi Djou (Sikka)
Juara II Maria Rosalinda Buran Lengari (Lembata)
Juara III Anggie Priscilla Antonius (Kota Kupang)
Juara Harapan I Windy Jenifer Kase (TTS)
Juara Harapan II Maria Verga Clarista Silab (TTU)

Duta GenRe Inovator Program: Dionisius Putra Adja (Lembata)
Duta GenRe Intelegensia: Hendrikus Mite Neu (Nagekeo)
Duta GenRe Favorit Putra: Philipe Rinaldy Pakaenoni (TTU)
Duta GenRe Favorit Putri: Hendrika Bone Lau (Belu)
Duta GenRe Persahabatan: Mario Kelli (Ende).*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini