PDIP Tidak Ragukan Hasil Konsultasi Pinjaman Daerah oleh Tim DPRD Sikka

0
755
Fabianus Toa sedang melaporkan hasil konsultasi Tim DPRD Sikka ke PT SMI dalam forum rapat internal DPRD Sikka, Rabu (9/6)

Maumere-SuaraSikka.com: Ketua Fraksi PDIP Stefanus Sumandi tidak meragukan hasil konsultasi Tim DPRD Sikka ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) terkait pinjaman daerah.

“Ada wakil rakyat yang ditugaskan, kita harus saling percaya, tidak boleh diragukan. Saya percaya teman-teman yang konsultasi di Kemendagri dan SMI, karena langsung dengan sumber yang akurat,” ungkap Stefanus Sumandi menanggapi laporan hasil konsultasi Tim DPRD Sikka, Rabu (9/6).

Beberapa anggota DPRD Sikka mengikuti laporan hasil konsultasi terkait pinjaman daerah

Salah satu poin hasil konsultasi yang tidak diragukan Fraksi PDIP Sikka yakni bunga pinjaman daerah yang dipastikan sebesar 6,19 persen pertahun.

Dia mengatakan dengan hasil konsultasi ini nampak ada perbedaan informasi antara eksekutif dan legislatif. Stef Sumandi tidak menyebutkan secara jelas perbedaan yang dia maksudkan.

Namun dari pernyataan tersebut, dapat diduga bahwa yang dimaksudkan dengan perbedaan informasi yakni bunga pinjaman daerah versi eksekutif sebesar 6,19 persen selama 8 tahun atau 0,77 persen pertahun, sementara versi legislatif sebesar 6,19 persen pertahun sesuai hasil konsultasi ke PT SMI baru-baru ini.

Sejumlah anggota DPRD Sikka mendengarkan serius laporan hasil konsultasi pinjaman daerah

Dengan fakta adanya informasi yang berbeda, Stef Sumandi mengusulkan agar dua lembaga ini harus duduk bersama, untuk mendiskusikan kelanjutan rencana pinjaman daerah.

“Apakah ini kita batalkan, atau kita lanjutkan, yah mari kita duduk sama-sama. Ini penting, agar warga masyarakat juga tahu. Bila perlu setelah (duduk sama-sama) itu, kita keluar dengan satu suara,” saran dia.

DPRD Sikka sebenarnya sudah menjadwalkan Rapat Kerja bersama Bupati Sikka terkait pinjaman daerah. Awalnya diagendakan pada Selasa (8/6), namun ditunda karena Bupati Sikka masih melakukan perjalanan dinas keluar daerah.

Setelah itu dijadwalkan kembali pada Jumat (11/6), namun kembali ditunda karena pada saat itu Badan Anggaran DPRD Sikka akan melakukan kunjungan objek terkait penghapusan aset dan hibah aset.

Ketua DPRD Sikka Donatus David memimpin rapat inyernal laporan hasil konsultasi pinjaman daerah

“Malam ini Banmus akan rapat bersama pemerintah untuk menetapkan jadwal kerja DPRD Sikka, termasuk agenda Rapat Kerja bersama Bupati tentang pinjaman daerah,” ujar Ketua DPRD Sikka Donatus David yang memimpin rapat internal siang tadi.

Suasana rapat internal DPRD Sikka terkait laporan hasil konsultasi pinjaman daerah

Sebelumnya, Fabianus Toa selaku Ketua Tim DPRD Sikka yang melakukan konsultasi ke PT SMI, Rabu (9/6), secara resmi menyampaikan hasil konsultasi pinjaman daerah melalui forum rapat internal DPRD Sikka.

Fabianus Toa membacakan laporan tertulis setebal 5 halaman. Laporan tertulis tersebut sudah didistribusikan kepada semua anggota DPRD Sikka sejak Senin (7/6) lalu.

“Jadi bunga 6,19 itu pertahun dari nilai out standing, tidak dibagi delapan tahun,” ujar Fabianus Toa.

Selain bunga pinjaman 6,19 persen pertahun, ada beban anggaran lain seperti biaya pengelolaan sebesar 0,185 persen pertahun dari out standing dan biaya provisi sebesar 1 persen. Biaya provisi dibayarkan sekali saja dengan sistem transfer dari APBD ke rekening PT SMI.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini