Pimpinan DPRD Sikka dan Ketua Fraksi Bahas Pinjaman Daerah di Capa Resort, Ada Apa?

0
2037
Pimpinan DPRD Sikka dan Ketua Fraksi Bahas Pinjaman Daerah di Capa Resort, Ada Apa?
Ketua DPRD Sikka Donatus David

Maumere-SuaraSikka.com: Pimpinan DPRD Sikka dan Ketua-Ketua Fraksi dikabarkan akan membahas pinjaman daerah di Capa Resort, Senin (14/6) malam ini.

Kabar ini diketahui menyusul beredarnya surat undangan rapat yang ditandatangani Pimpinan DPRD Sikka terdiri dari Ketua Donatus David, dan Wakil-Wakil Ketua Yosef Karmianto Eri dan Gorgonius Nago Bapa.

Surat dengan Nomor 172/149/11/DPRD/2021 tertanggal 14 Juni 2021 tersebut, ditujukan kepada para Ketua Fraksi DPRD Sikka, dengan sifat surat penting.

“Dengan ini diundang kehadirannya pada rapat bersama Anggota DPR RI Melkias Markus Mekeng,” demikian bunyi surat tersebut.

Dalam surat tersebut tidak dijelaskan jenis rapat yang akan terjadi malam ini, apakah rapat konsultasi, rapat koordinasi, ataukah jenis rapat seperti apa sesuai regulasi Peraturan Tata Tertib DPRD Sikka.

Ketua DPRD Sikka Donatus David yang dihubungi di ruang kerjanya, memastikan surat tersebut benar adanya.

“Malam ini ada rapat koordinasi di Capa Resort, dengan Pa Melki,” ujar dia.

Ketua Fraksi Gerindra Fransiskus Stephanus Say merasa aneh karena rapat DPRD Sikka dipindahlokasikan ke Capa Resort.

“Aneh saja, kenapa tidak rapat di Gedung DPRD,” ungkapnya heran.

Menurut dia, DPRD Sikka wajib menggelar rapat di Gedung DPRD Sikka, kecuali jika Gedung DPRD Sikka tidak bisa difungsikan karena alasan bencana atau kejadian lain.

“Pimpinan keluarkan undangan, tapi ko rapat di tempat lain,” ujar dia.

Steph Say mengaku tidak mengetahui persis apa maksud rapat tersebut. Apalagi agendanya sangat seksi yakni pinjaman daerah.

Meski muncul berbagai keanehan, Steph Say mengatakan akan menghadiri rapat tersebut untuk menghormati undangan Pimpinan DPRD Sikka.

Informasi yang dihimpun media ini, rapat antara Pimpinan DPRD Sikka dan Ketua-Ketua Fraksi bersama Melchias Markus Mekeng sifatnya dadakan.

Padahal DPRD Sikka sudah menjadwalkan Rapat Kerja bersama Bupati Sikka untuk membahas pinjaman daerah yang diagendakan Selasa (15/6) besok di ruang paripurna DPRD Sikka.

Ada dugaan agenda rapat malam ini untuk menggiring Ketua-Ketua Fraksi agar menyetujui pinjaman daerah.

Ketua DPRD Sikka Donatus David banyak memberikan keterangan kepada media ini, termasuk siapa yang menginisiatifi pertemuan dadakan tersebut. Tapi dia meminta agar keterangannya bersifat off the record.

Pinjaman daerah di Kabupaten Sikka menuai diskusi hangat sekembalinya Tim DPRD Sikka yang melakukan konsultasi ke PT Sarana Multi Infrastuktur (SMI) awal Juni ini. Hasil konsultasi antara lain menyebutkan bunga pinjaman 6,19 persen pertahun. Fakta ini berbeda dengan kampanye pemerintah daerah setempat yang menjelaskan bunga 6,19 persen perdelapan tahun atau 0,77 persen pertahun.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini