Ribuan Orang di Dunia Kembali Nikmati Yoga Bersama Guruji Anand Krishna

0
912
Ribuan Orang di Dunia Kembali Nikmati Yoga Bersama Guruji Anand Krishna
Kegiatan meditasi diberi pada IBMF 2019 sebelum pandemi (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Ribuan orang di dunia, Minggu (20/6) lusa, dipastikan kembali menikmati yoga bersama Guruji Anand Krishna.

Pasalnya workshop yoga dengan tajuk International Bali Meditator’s Festival (IBMF) kembali akan digelar tahun ini, setelah absen tahun lalu akibat pandemi corona.

Ini merupakan IBMF ke-13, sejak tahun 2009. IBMF sendiri diprakarsai oleh Guruji Anand Krishna, dan rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Ribuan orang dari seluruh dunia telah merasakan manfaat dari acara tersebut,” demikian rilis yang diterima media ini dari Panitia Penyelenggara, Jumat (18/6).

IBMF diselenggarakan oleh Yayasan Anand Ashram bekerjasama dengan Asosiasi Meditasi, Ayurveda dan Yoga Indonesia (AMAYI). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional. Pelaksanaannya sudah dimulai sejak April 2021, dan acara utamanya pada Minggu (20/6) nanti.

IBMF tahun ini mengambil fokus khusus tentang pandemi corona, dengan mengangkat tema Sarve Bhavantu Sukhina, Santu Niramayah.

Guruji Anand Krishna

Guruji Anand Krishna melukiskan menghadapi pandemi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya selama lebih dari satu tahun sekarang, inilah saatnya untuk menyadari bahwa semua makluk hidup di planet ini saling bergantung dan saling terhubung.

“Kita tidak bisa bahagia dan bebas dari penyakit jika tetangga kita menderita. Kita tidak bisa lagi bersembunyi dari kenyataan bahwa kita berbagi rumah yang sama di planet ini. Kita adalah satu keluarga, dan apapun yang terjadi di bagian mana pun di dunia ini, di rumah ini, pada akhirnya memengaruhi semua anggota keluarga,” pesan dia.

Menurut Guruji Anand Krishna, hal itu juga merupakan pesan inti dari Filosofi Yoga yang sering dilupakan para praktisi yang berfokus pada gerakan fisik atau asanah tertentu saja, yang merupakan bagian penting dari Latihan Yoga.

“Padahal yoga bukanlah hal itu saja,” tulis Guruji Anand Krishna, yang terkenal sebagai seorang humoris, spiritual, dan penulis lebih dari 180 buku.

Menurut Panitia, IBMF akan dihadiri peserta dari seluruh dunia. Program ini akan disampaikan secara online dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia.

Guruji Anand Krishna akan menjadi keynote speech, dan workshop Yoga Ananda for Wellness and Blissful Living serta Ancient Sound Meditation for Emotional Balance, termasuk latihan-latihannya sehingga peserta bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dengan mempraktikkannya setiap hari.

Selain itu, kirtan atau lagu-lagu pujian juga akan dihadirkan untuk menciptakan suasana ceriah dan mencicipi pengalaman tentang kebahagiaan sejati atau ananda.

Sebelum acara utama, festival ini meliputi curtain raiser dan pre event. Curtain raiser diselenggarkan secara online pada 25 April 2021 dengan judul Workshop Yoga Sutra Patanjali dan Kaitannya dengan Perjalanan Jivatma berdasarkan buku yang ditulis Guruji Anand Krishna. Kegiatan ini diikuti 300 peserta, dibawakan dalam Bahasa Indonesia.

Sementara itu pre event digelar secara online pada 28 Mei 2021 dengan judul Workshop Romacing Singh tentang bakti yoga untuk membangkitkan kasih dan devosi dalam diri. Ratusan peserta terlibat dalam kegiatan ini.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini