Bu Selatan Terisolir, Akses Transportasi ke Watuneso Terhenti

0
812
Bu Selatan Terisolir, Akses Transportasi ke Watuneso Terhenti
Kepala Desa Bu Selatan bersama warga mengevakuasi pohon yang tumbang di wilayah itu, Senin (2/8) (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Desa Bu Selatan di Kecamatan Tanawawo Kabupaten Sikka bakal terisolir. Pasalnya akses transportasi ke Watuneso Kabupaten Ende terhenti.

Akses transportasi terhenti menyusul banjir, longsor, dan pohon tumbang menutup badan jalan. Puncaknya terjadi Minggu (1/8) kemarin.

Kepala Desa Bu Selatan Siprianus Sapa Dulle menyampaikan hujan deras melanda wilayah itu sejak Jumat (30/7) pukul 23.00 Wita.

“Sampai hari ini masih hujan,” terang dia kepada media ini melalui sambungan telepon, Senin (2/8).

Siprianus Sapa Dulle menyebut ada dua titik krusial yang terdampak bencana akibat banjir, longsor, dan pohon tumbang.

Wilayah yang terparah, kata dia, yakni ruas jalan Tanangalu ke Watuneso, persisnya di Dusun Detudeli. Pada ruas jalan ini, sementara ada pekerjaan rabat sepanjang 600 meter. Banjir menyapu semua material sehingga pekerjaan rabat jalan pun tebengkelai.

Kepala.Desa Bu.Selatan Siprianus Sapa Dulle sedang berada di lokasi bencana

Kerusakan juga terjadi pada ruas jalan Bu Selatan menuju Detubinga, persisnya di Dusun Detudengu. Pada Senin (2/8) pagi tadi Kades Bu Selatan Siprianias Sapa Dulle bersama warga masyarakat telah melakukan pembersihan.

“Kami sudah evakuasi pohon-pohon yang tumbang, bersihkan material. Saat ini kendaraan sudah bisa lewat,” ujar dia.

Selama ini warga Bu Selatan lebih sering menggunakan akses transportasi melalui Watuneso. Jalur ini lebih pendek, karena hanya beberapa kilometer saja sudah berada di Jalan Trans Flores Ende-Maumere.

Warga Bu Selatan kini hanya bisa akses transportasi melalui jalur yang lebih panjang dan sulit karena harus melewati beberapa desa di wilayah Kecamatan Mego.

Siprianus Sapa Dulle berharap Pemkab Sikka melalui Dinas PUPR mendatangkan alat berat untuk bisa membersihkan longsoran dan material pada sepanjang ruas jalan Tanangalu menuju perbatasan Kabupaten Ende di Watuneso.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini