Batu Galian di Pemakaman Covid Dijual Dinas Lingkungan Hidup

0
1230
Batu Galian di Pemakaman Covid Dijual Dinas Lingkungan Hidup
Exavator sedang menumpukkan batu-batu galian di lokasi Pemakaman Covid (foto: istimewa)

Maumere-SuaraSikka.com: Tumpukan batu galian di Pemakaman Covid kini semakin berkurang. Setelah ditelusuri, ternyata banyak yang sudah dijual oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Media ini merekam informasi dari beberapa narasumber yang menyebutkan hampir setiap hari terjadi aktifitas penjualan batu galian.

“Satu hari bisa 40 ret batu galian. Harganya Rp 350.000 per ret,” ujar sebuah narasumber.

Bukan saja batu galian, ternyata tanah timbunan juga dijual Dinas Lingkungan Hidup. Untuk tanah timbunan, harga per ret dikenakan biaya Rp 100.000.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sikka Silvester Saka

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sikka Silvester Saka yang ditemui di DPRD Sikka, Selasa (14/9), mengaku pihaknya menjual batu galian dan tanah timbunan yang berada di Pemakaman Covid yang terletak di Urung Pigang Kelurahan Wolomarang Kecamatan Alok Barat.

Batu galian dan tanah timbunan, kata dia, dijual kepada rekanan yang sedang melaksanakan proyek pembangunan di daerah itu.

Silvester Saka beralasan dari pada batu-batu galian dicuri orang, dia lalu berpikir untuk mengamankannya. Salah satu alternatif yakni dengan menjual.

Uang hasil penjualan batu galian dan tanah timbunan, lanjut dia, dimanfaatkan untuk sejumlah peruntukkan.

Dia menyebutkan antara lain belanja BBM alat berat, suku cadang, biaya operasional petugas penggalian kubur, termasuk biaya pembersihan sampah.

“Selama ini kami tidak ada dana untuk urusan Covid,” alasan dia.

Dana Covid untuk pemakaman pasien yang meninggal, ujar dia, berada di BPBD Sikka.

Silvester Saka membantah informasi yang menyebutkan setiap hari terjadi aktifitas penjualan.

Dia mengaku baru melepas belasan ret batu galian untuk rekanan. Harganya juga tidak sama seperti yang direkam media ini. Menurut dia, satu ret dijual dengan harga Rp 200.000.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini