Kades Gunung Sari Kembalikan Uang BLT Dana Desa

0
1374
Kades Gunung Sari Kembalikan Uang BLT Dana Desa
Kepala Desa Gunung Sari Baco

Maumere-SuaraSikka.com: Kepala Desa Gunung Sari Baco akhirnya mengembalikan BLT Dana Desa. Uang yang dikumpulkan secara sukarela itu sudah mencapai Rp 4 juta.

Baco yang ditemui di Maumere, Rabu (15/9), memastikan hari Jumat (17/9) ini akan kembalikan uang tersebut kepada para penerima BLT Dana Desa yang sudah memberikan sumbangan.

“Uang sumbangan sukarela itu semuanya Rp 4 juta. Baru dimanfaatkan Rp 200 ribu untuk pengadaan material,” jelas dia.

Baco mengatakan sikapnya untuk mengembalikan BLT Dana Desa setelah dia melakukan konsultasi dengan Kepala Dinas Pemdes Sikka Fitrinita Kristiani.

Menurut dia, Kadis Pemdes menjelaskan BLT Dana Desa merupakan bantuan uang kepada keluarga miskin di desa untuk mengurangi dampak pandemi Covid. Bantuan tersebut tidak bisa difungsikan untuk kegiatan lain, termasuk pembangunan posko keamanan.

Dia menambahkan, meskipun sudah ada kesepakatan warga penerima BLT Dana Desa, dan dikuatkan dengan Berita Acara Kesepakatan, fakta-fakta itu tidak dibenarkan sesuai peruntukan BLT Dana Desa.

Berdasarkan penjelasan tersebut, Baco mengambil keputusan mengembalikan BLT Dana Desa kepada penerima yang sudah menyumbangkan secara sukarela.

Baco mengatakan sesungguhnya tidak ada pemotongan BLT Dana Desa. Dia beralasan penerima BLT Dana Desa menerima uang bantuan secara utuh sebesar Rp 300 ribu.

Penerima kemudian menyumbangkan secara sukarela sebesar Rp 25.000 dan Rp 50.000. Sumbangan sukarela ini dimaksudkan untuk pembangunan posko keamanan.

Baco mengatakan pihaknya berencana membangun posko keamanan untuk kepentingan ketertiban dan keamanan di wilayah desa itu. Untuk maksud itu, dia mengajak masyarakat desa bisa secara sukarela membantu kelancaran pembangunan posko keamanan.

Melalui musyawarah mufakat, disepakati bantuan sukarela tersebut diambil dari BLT Dana Desa. Kesepakatan ini kemudian dituangkan melalui Berita Acara.

“Jadi karena tidak dibenarkan BLT Dana Desa untuk pembangunan posko keamanan, sehingga saya akan kembalikan semuanya,” jelas Baco.

Baco mengatakan sesungguhnya rencana pembangunan posko keamanan merupakan kegiatan yang positip untuk kepentingan masyarakat dan desa.

Setelah gagal memanfaatkan sumbangan sukarela dari BLT Dana Desa, dia berencana akan mengupayakan dari dana lain.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini