713 KK Dampak Seroja di Sikka Dapat Bantuan Beras

0
312

Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 713 kepala keluarga dampak bencana seroja di Kabupaten Sikka mendapatkan bantuan beras. Bantuan ini bersumber dari Pemerintah Propinsi NTT.

Warga masyarakat terdampak bencana seroja tersebar pada 11 desa dan 2 kelurahan di 6 kecamatan.

Data pada BPBD NTT, 6 kecamatan tersebut yakni Magepanda, Kangae, Kewapante, Talibura, Alok, dan Alok Timur.

Nama-nama penerima bantuan telah terdata secara apik. Mereka adalah 9 KK di Desa Kolisia B Kecamatan Magepanda, 30 KK di Desa Watumilok Kecamatan Kangae, serta 37 KK di Desa Geliting dan 41 KK di Desa Waiara di Kecamatan Kewapante.

Selanjutnya 25 KK di Desa Darat Pantai, 34 KK di Desa Lewomada dan 52 KK di Desa Wailamung Kecamatan Talibura.

Lalu 191 KK di Desa Semparong dan 196 KK di Desa Pemana di Kecamatan Alok.

Seterusnya 17 KK di Desa Kojagete, 70 KK di Desa Parumaan, 4 KK di Kelurahan Waioti, dan 1 KK di Kelurahan Wairotang, semuanya di Kecamatan Alok Timur.

Beras bantuan ini jenis super, dengan kualitas yang baik. Setiap kepala keluarga mendapatkan bantuan sebanyak 30 kilogram.

Kepala BPBD Sikka Mohamad Daeng Bakir

Kepala BPBD Sikka Mohamad Daeng Bakir menjelaskan pihaknya membantu distribusi beras bantuan kepada warga terdampak bencana seroja.

“Ini bantuan propinsi, kami sifatnya hanya distribusi saja,” jelas dia.

Kepala Seksi Logistik Emanuel Sadipun menambahkan distribusi beras bantuan sudah direalisasikan beberapa hari terakhir ini.

“Hari ini kami salurkan ke Lewomada dan Wailamung sesuai data nama warga terdampak yang tercatat pada dokumen BPBD NTT,” ujar dia di Kantor BPBD, Rabu (17/11).

Dua desa di Kecamatan Talibura ini menjadi wilayah terakhir di daratan yang disasar petugas logistik BPBD Sikka. Selanjutnya mereka akan mendistribusikan bantuan beras ke wilayah kepulauan.

Kendaraan operasional.BPBD Sikka mengangkut beras bantuan warga terdampak.seroja

Pantauan media ini, Rabu (17/11), petugas logistik BPBD Sikka sedang mengevakuasi beras bantuan dari gudang penyimpan ke mobil BPBD Sikka.

Beras bantuan ini akan didistribusikan ke Lewomada dan Wailamung. Petugas logistik menggunakan tiga kendaraan operasional BPBD Sikka, di bawah pimpinan Emanuel Sadipun.

Bencana seroja melanda wilayah NTT pada awal April 2021 lalu. Kabupaten Sikka termasuk salah satu wilayah yang terkena dampak seroja.

Ratusan penduduk di Desa Semparong waktu itu terpaksa mengungsi beberapa hari ke tempat yang lebih aman, untuk menghindari amukan gelombang laut yang menerjang rumah-rumah penduduk.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini