Sikka Maju, Flori Ingatkan Miliki Daya Saing

0
175
Sikka Maju, Flori Ingatkan Miliki Daya Saing
Foto: Penjabat Bupati Sikka Mekeng P. Florianus
Maumere-SuaraSikka.com: Satu hari menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-73, Penjabat Bupati Sikka Mekeng P. Florianus menyampaikan capaian pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 di Gedung Sikka Convention Center (SCC), Kamis (16/8). Dia menyebut Kabupaten Sikka akan menjadi maju dan diperhitungkan daerah-daerah lain apabila memiliki daya saing.
Pidato Penjabat Bupati Sikka itu disampaikan di depan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta ratusan aparatur sipil negara. Tidak ada satu pun sesepuh dan mantan pejabat pemerintah setempat yang menghadiri kegiatan tersebut.
Salah satu penggerus daya saing, tegas Flori, yakni kinerja birokrasi. Dan ini menjadi tantangan para penyelenggara pemerintahan. Karena itu dia mangajak seluruh aparatur negara untuk bersama-sama membangun komitmen meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya yakni konsistensi memerangi korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Selain itu, katanya, dalam menatap daya saing ke depan, aparatur negara harus mengantisipasi perubahan dunia yang sanagt cepat dan serba digital. Penyelenggara pemerintahan diminta untuk terus menignkatkan efisiensi, daya saing dengan terobosan digital dalam kerja birokrasi dan pelayanan masyarakat.
Mekeng Florianus mengatakan pemerintah setempat telah mengembangkan e-goverment yakni pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk menjalankan sistem pemerintahan. Sampai dengan tahun 2017, dia memastikan ada beberapa jenis layanan elektronik yang dikembangkan. Dia menyebut seperti sistem informasi manajemen keuangan daerah, sistem pelayanan informasi dan perizinan investasi, layanan pengadaan, sistem perencanaan pembangunan, serta sistem monitoring dan evaluasi.
“Namun harus kita akui bersama bahwa sistem e-goverment ini belum berjalan maksimal dan masih jauh dari harapan. Untuk itu ke depan perlu peningkatan dan pengembangan secara signifikan,” ungkap dia.
Mekeng Florianus menyampaikan capaian pelaksanaan RPJMD 2013-2018 yang difokuskan pada tujuh prioritas daerah, yakni peningkatan ketahanan pangan, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan, peningkatan pembangunan perekenomian daerah berbasis sektor unggulan, pengembangan infrastruktur sosial dan ekonomi, peningkatan perikehidupan sosial yang harmonis dan kesetaraan gender, serta peningkatan kualitas aparatur dan tata kelola birorasi.
Secara khusus, Mekeng Florianus menyampaikan terima kasih kepada Yoseph Ansar Rera dan Paolus Nong Susar, Bupati dan Wakil Bupati Sikka Periode 2013-2018, para penyelenggara pemerntahan, ASN, anggota DPRD Sikka, pimpinan TNI dan Polri serta seluruh elemen masyaralat. Semua pihak dengan caranya masing-masing telah memberikan kontribusi dalam mendukung terselenggaranya penyelenggaraan pemerintahan yang baik.
Pada saat yang sama, Penjabat Bupati Sikka juga menyerahkan piagam tanda dari Presiden RI kepada 74 aparatur sipil negara di Kabupaten Sikka yang telah mengabdi kerja selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.*** (vicky da gomez)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini