Ratusan Orang Berekspresi di Lokasi Car Free Day

0
769
Ratusan Orang Berekspresi di Lokasi Car Free Day
Foto: Suasana hari pertama car free day di Jalan Eltari Maumere, Sabtu (1/9)
Maumere-SuaraSikka.com: Pemerintah Kabupaten Sikka melaksanakan car free day (CFD) di Jalan Eltari Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok. Kegiatan yang dimulai pada Sabtu (1/9) menyita perhatian ratusan orang. Kurang lebih 800-an orang berekspresi di lokasi CFD sejak jam 06.00 Wita sampai 09.00 Wita.
Pantauan media ini, sejak pagi hari sebelum pukul 06.00 Wita masyarakat sudah memadati lokasi CFD. Rata-rata semuanya berpakaian olah raga. Ada yang datang dalam bentuk komunitas, kelompok, keluarga, juga pribadi-pribadi. Peminat CFD datang dari berbagai kalangan, dari usia balita sampai usia manula, dan dari pelajar sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
Tidak ketinggalan pedagang kuliner ikut meramaikan terobosan yang dilakukan Penjabat Bupati Sikka Mekeng P. Florianus. Mereka berjualan di sepanjang trotoar. Tampak juga penjualan pulsa handphone, dan sejumlah pamflet serta selebaran promosi dari berbagai institusi. Persis di depan rumah jabatan Bupati Sikka, sebuah tenda dari Apotik Mahardika menyediakan jasa gratis pemeriksaan penyakit gula.
Tepat pukul 06.00 Wita petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka dan Satlantas Polres Sikka menutup Jalan Eltari dari kendaraan bermotor. Dua buah plang dipasang di dua titik, yakni di depan Kantor Camat Alok dan di pertigaan dekat rumah dinas Pimpinan DPRD. Plang ini kemudian dicabut pada pukul 09.00 Wita, dan kendaraan bermotor sudah bisa melintasi ruas jalan itu.
BERITA TERKAIT:
Car Free Day Mulai 1 September, Jalan Eltari Ditutup 3 Jam
Kegiatan CFD diawali pencanangan yang dilakukan Penjabat Bupati Sikka. Flori Mekeng mengajak masyarakat untuk berekspresi selama 3 jam. Menurut dia, banyak sekali ekspresi yang bisa dilakukan saat CFD, seperti ekspresi seni, ekspresi budaya, dan yang tidak boleh dilupakan adalah ekspresi kewirausahaan.
Dia juga berpesan agar peserta CFD tidak berdiri di atas rumput-rumput yang sudah tumbuh subur di atas trotoar. Dengan demikian CFD mestinya menumbuhkan kesadaran untuk menghidupi lingkungan, bukan sebaliknya mematikan rumput yang sudah ditanam. Dia meminta pimpinan perangkat daerah dan anggota TNI menjadi yang terdepan untuk menjaga lingkungan yang bersih dan aman.
Usai pencanangan, peserta CFD langsung memanfaatkan Jalan Eltari untuk berolah raga. Ada yang memilih berjalan santai, jogging, bersepeda, bersepatu roda, dan banyak macam cara lainnya. Semuanya tampak santai, gembira dan menikmati. Cukup banyak masyarakat yang memberikan apresiasi atas terobosan melakukan CFD.
Di depan Hotel Eltari Indah, sekitar 200-an orang senam pagi bersama diiringi live musik dari salah seorang musisi lokal. Kelompok ini juga menari sebebasnya dengan berbagai ragam tarian seperti Gemu Fa Mi Re, ja’i, caca, dan sebagainya. Penjabat Bupati Sikka, Dandim 1603 Sikka Sugeng Prihatin,  Danlanal Maumere Soemantri, Wakapolres Sikka Iwan Iswahyudi ikut dalam kelompok ini.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini