Dua Kali Gagal Lelang, Proyek Kantor Bupati Sikka Ditunjuk Langsung

0
471
Dua Kali Gagal Lelang, Proyek Kantor Bupati Sikka Ditunjuk Langsung
Kondisi bangunan Kantor Bupati Sikka senilai Rp 29 miliar lebih di Jalan Eltari pasca ditingglkan oleh PT Palapa Kupang Sentosa
Maumere-SuaraSikk.com: Satu lagi bangunan gedung Kantor Bupati Sikka akan dikerjakan tahun ini. Panitia Lelang sudah dua kali melelangkan proyek dengan pagu Rp 1,6 miliar ini. Namun semuanya berujung gagal. Rencananya panitia lelang akan menggunakan mekanisme penunjukan langsung (PL) agar proyek yang bersumber dari DID ini bisa dikerjakan.
Metsen selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang dihubungi di ruang kerjanya Kamis (18/10) menjelaskan cukup banyak rekanan yang mendaftarkan perusahaannya untuk mengikuti proses lelang. Namun tidak ada satu pun rekanan yang memasukan dokumen penawaran.
“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, jika terjadi gagal lelang maka Pokja Pemilihan dengan persetujuan pengguna anggaran dapa tmelakukan penunjukan langsung,” jelas Metsen.

Berita Terkait:


Terkait penunjukan langsung ini, menurut Metsen, rekanan yang paling memungkinkan ditunjuk mengerjakan proyek ini yakni rekanan yang sedang mengerjakan bangunan lain Kantor Bupati Sikka di Jalan Eltari. Rekanan yang dia maksudkan adalah PT Ananta Raya Perkasa, yang sementara ini mengerjakan gedung Kantor Bupati Sikka dengan pagu Rp 13.187.684.034,58.
Metsen menambahkan sementara ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Bagian Pembangunan Setda Sikka, menyangkut administrasi. Pasalnya seluruh proses administrasi harus melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) dengan sistem online.
Untuk diketahui, di lokasi bekas Kantor Bupati Sikka di Jalan Eltari kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok, kini sedang dibangun Kantor Bupati Sikka yang baru. Bangunan pertama dengan pagu Rp 29 miliar lebih sementara ini terkatung-katung tidak jelas setelah ditinggalkan kontraktor pelaksana atas nama PT Palapa Kupang Sentosa.
Sementara itu bangunan yang kedua, posisinya di sebelah selatan bangunan pertama, kini sedang dikerjakan PT Ananta Raya Perkasa. Realisasi fisik hingga sekarang sudah mencapai 22 persen. Dan bangunan yang ketiga nantinya  dibangun di sebelah utara bangunan induk, rencananya akan ditunjuk langsung setelah dua kali gagal lelang.
Kantor Bupati Sikka yang lama ini dirubuhkan sejak era Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera dan Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar. Sejak saat itu Bupati dan Wakil Bupati Sikka berpindah kantor di Jalan Ahmad Yani.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini