Robby Idong Serukan Flores Jadi Pasar Tenaga Kerja Dunia

0
141
Robby Idong Serukan Flores Jadi Pasar Tenaga Kerja Dunia
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo
Maumere-SuaraSikka.com: Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong melecutkan ambisi besar saat pengresmian Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPPMI), Kamis (14/3). Dia menyerukan Flores harus menjadi pasar tenaga kerja di dunia.
“Tugas setelah launching, sebagai kepala daerah, kami wajib komunikasi dengan Bupati sedaratan Flores. Kita akan kerja sama membangun MoU. Ini bukan berarti Sikka lebih maju. Tetapi kita bangun kebersamaan menjadi pasar tenaga kerja dunia ada di Flores,” ujar Robby Idong.
Dia mengatakan orang Flores itu dasarnya baik hati. Apalagi memiliki modal sosial yang begitu tinggi. Kekurangan orang Flores yakni pada mindset dan keterampilan. Kekurrangan-kekurangan akan dibenahi sehingga tenaga kerja di Flores bisa menjadi rebutan pasar.
Ambisi Robby Idong ini terlecut setelah dia sempat berada di sebuah lembaga tenaga kerja yang bernama Prisma di Surabaya. Dia menyebut di lembaga itu proses ketenagakerjaan dilakukan secara baik. Dari proses penggemblengan pada akhirnya calon tenaga kerja tidak lagi mencari kerja, tetapi justeru mereka dicari oleh yang membutuhkan tenaga kerja.
“Mereka sudah sampai pada level E-Katalog. Semua sumber daya manusia tersedia. Semua bisa dipasarkan. Kapan saja membutuhkanm tenaga model apa, silakan. Semuanya habis terjual, karena mereka menyiapkan tenaga kerja yang hebat,” ujar Robby Idong.
Untuk itu dia mengaku senang dengan kehadiran LTSA PPPMI di Maumere. Konteks awalnya dengan memberikan pelayanan satu atap, tetapi setelah itu arahnya bisa mengikuti paradigma Prisma di Surabaya dengan menyediakan E-Katalog untuk memasarkan tenaga kerja.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini