Masih 53.000 Lebih Peserta BPJS Kesehatan Yang Belum Punya NIK

0
77
Masih 53.000 Lebih Peserta BPJS Kesehatan Yang Belum Punya NIK
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka Emmy Laka
Maumere-SuaraSikka.com: Peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Sikka berjumlah 308.874 jiwa. Di antaranya masih terdapat lebih dari 53.000 peserta yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Pemerintah setempat melalui instansi teknis akan melakukan perbaikan data agar semua peserta memenuhi persyaratan.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sikka Emmy Laka yang ditemui di Kantor Bupati Sikka, Kamis (13/6), mengaku baru saja bertemu Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong guna melaporkan kondisi riil peserta BPJS Kesehatan yang belum memiliki NIK.
Dari 53 ribu lebih peserta yang belum memiliki NIK, kata dia, yang paling banyak adalah penerima bantuan iuran (PBI) APBN sebanyak lebih dari 42 ribu. Sedangkan sisanya 11 ribu lebih adalah PBI APBD.
Selain itu Emmy Laka melaporkan juga peserta yang memiliki NIK ganda, sebanyak 2.000 jiwa. Laporan ini sekaligus mengklarifikasi kesalahan informasi data NIK ganda yang pernah disampaikan Bupati Sikka saat kegiatan coffee morning dengan wartawan beberapa waktu lalu. Waktu itu Bupati Sikka menyebutkan peserta dnegan NIK ganda sejumlah 11.000 jiwa.

Berita Terkait:


“Jadi semuanya ada 55.000 lebih terdiri dari yang belum punya NIK 53.000 lebih dan NIK ganda 2.000. Nah ini yang akan kami selesaikan dalam waktu dekat,” ujar Emmy Laka didampingi Kerpala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Maria Bernadina Nenu.
Menurut Emmy Laka, saat ini sudah dibentuk semacam kelompok kerja (pokja) untuk melakukan perbaikan data atas 55.000 peserta BPJS Kesehatan yang bermasalah. Pokja dimaksud melibatkan beberapa institusi seperti Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan dan BPJS Cabang Maumere.
Kepada Bupati Sikka, Emmy Laka menyampaikan pokja sudah bersepakat untuk melakuan perbaikan data selama tiga minggu. Dia mengaku akan secepatnya konsolidasi dengan anggota pokja untuk memulai perbaikan data peserta.
Data yang dihimpun media ini, 308.874 peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Sikka, terdiri dari 168.687 PBI APBN, 77.466 PBI APBD, 31.302 pekerja penerima upah (PPU), 27.209 pekerja bukan penerima upah (PBPU), dan 4.210 bukan pekerja (BP).
Peserta BPJS Kesehatan PBI adalah peserta yang iurannya ditanggung pemerintah. Peserta PBI terdiri dari fakir miskin dan orang tidak mampu, dengan penetapan peserta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
Sementara peserta non PBI terdiri dari PPU, PBPU, dan BP.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini