Baru 2 Hari Back Up DBD, 18 Nakes Kembali ke Jakarta

0
100
Baru 2 Hari Back Up DBD, 18 Nakes Kembali ke Jakarta
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus
Maumere-SuaraSikka.com: Sebanyak 18 tenaga kerja yang dibawa Menkes RI ke Kabupaten Sikka, dikabarkan Jumat (13/3) besok akan kembali ke Jakarta. Padahal mereka baru 2 hari melaksanakan back up pencegahan demam berdarah dengue (DBD) pada sejumlah fasilitas kesehatan di daerah itu.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus yang dihubungi Kamis (12/3), membenarkan 18 nakes dari TNI akan kembali ke Jakarta.
“Ya, besok mereka balik. Karena kasus DBD cenderung turun, dan kita kita dapat bantuan 10 dokter dari Kemenkes melalui propinsi, maka Jakarta tarik pulang,” jelas Petrus Herlemus.
Dia menegaskan tidak ada alasan lain 18 nakes itu kembali ke Jakarta, kecuali menurunnya kasus DBD dan keberadaan 10 nakes bantuan Kemenkes. Pernyataan itu sekaligus membantah informasi yang diterima media ini terkait pelayanan pemerintah setempat yang tidak sesuai permintaan para nakes.
Sebelumnya, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengeluarkan surat tugas penempatan untuk 18 nakes, yang terdiri dari 11 nakes dari TNI-AD dan 7 nakes dari TNI-AU. Para nakes ini disebarkan pada 10 fasilitas kesehatan di Kabupaten Sikka, dari rumah sakit hingga Puskesmas.
Sementara itu jumlah kasus DBD hingga pagi tadi yakni sebanyak 1.255 kasus, 14 di antaranya meninggal. Terdapat 101 pasien yang dirawat intensif terdiri dari 80 pasien anak dan 21 pasien dewasa.
Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, 101 pasien itu dengan rincian 68 pasien di RSUD TC Hillers Maumere, 29 pasien di RS Santo Gabriel Kewapante, dan 4 pasien di RS Santa Elisabeth Lela.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini