Intervensi Dampak Covid, Distan Salurkan 10.000 Ekor Ayam KUB

0
61
Intervensi Dampak Covid, Distan Salurkan 10.000 Ekor Ayam KUB
Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Yeremias Dewa

Maumere-SuaraSikka.com: Dinas Pertanian Kabupaten Sikka aka menyalurkan 10.000 ekor ayam kampung unggulan balitnak (KUB). Bantuan ini sebagai intervensi dampak ekonomi Covid 19.

Kepala Bidang Peternakan Yeremias Dewa, Kamis (30/4) di ruang kerjanya, menjelaskan anggaran bantuan ini senilai Rp 831.500.000.

Sementara ini Bidang Peternakan Dinas Pertanian sedang melakukan validasi dan verifikasi untuk 500 RTM penerima manfaat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih penerima manfaat.

“Data dari Dinas Sosial, sekitar 17.000 yang belum dapat bantuan. Bayangkan banyak begini, padahal penerima manfaat ayam KUB hanya 500. Jadi harus verifikasi lagi,” ungkap Yeremias Dewa.

Nantinya setiap RTM akan mendapat 20 ekor ayam usia 1 bulan. Ayam jenis ini, saat usia 4 ban sudah bisa dipotong dan dikembangbiakan.

Untuk memback pemeliharaan, Dinas Pertanian juga menyediakan bahan lokal untuk kandang ayam seperti bambu, usuk, atap pelepah, dan material.

“Kami siapkan bahannya, penerima manfaat bikin sendiri. Bentuk dan model sesuai keinginan mereka. Nanti kami dukung lagi dengan upah kerja, Rp 120.000 untuk 2 hari,” ujar dia.

Tidak cukup hanya dengan itu, Yeremias Dewa menambahkan, akan menyalurkan juga pakan ayam sejumlah 56 kilogram untuk waktu 3 bulan.

Ayam KUB merupakan hasil persilangan antara sesama ayam kampung yang mempunyai beberapa keunggulan. Masa bertelur lebih cepat dibanding ayam kampung biasa. Ayam jenis ini mempunyai naluri mengeram yang lebih rendah sehingga dapat memaksimalkan masa bertelur.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini