Biaya Kesehatan Terjamin Berkat Program JKN-KIS

0
16
Biaya Kesehatan Terjamin Berkat Program JKN-KIS
Mariana Konsinta Marlina

Maumere-SuaraSikka.com: Warga masyarakat mengapresiasi kehadiran program JKN-KIS. Berkat program ini, kesehatan terjamin dan dilindungi negara.

Setidaknya itu yang dipahami Maria Konsita Marlina, seorang warga Kabupaten Sikka. Ibu rumah tangga ini tidak keliru, karena dia dan keluarga pernah menikmati manfaat JKN-KIS.

Perempuan berusia 38 tahun ini terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kabupaten Sikka.

Segmen ini diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu, termasuk Maria Konsita Marlina. Iuran tiap bulan menjadi kewajiban pemerintah daerah setempat.

Dia mengaku bersyukur karena menjadi peserta JKN-KIS. Apalagi kewajibannya membayar iuran sudah diambilover oleh negara.

Dia tidak bisa membayangkan jika harus secara mandiri membayar iuran. Sebagai ibu rumah tangga, dia meyakini akan mengalami kesulitan yang besar.

Sebaliknya jika tidak menjadi peserta JKN-KIS, dia juga akan terbentur dengan masalah biaya ketika mengalami sakit. Dia sangat sadar sekali bahwa urusan kesehatan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Situasi dilematis seperti itu, kata dia, terselamatkan berkat kehadiran program JKN-KIS. Bagi dia, program ini benar-benar menjawab kesulitan masyarakat di bidang kesehatan.

“Bagi saya sebagai masyarakat yang tergolong tidak mampu, biaya pelayanan kesehatan dirasa sangatlah mahal. Oleh karena itu menjadi peserta JKN-KIS sangatlah penting,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Sinta, begitu sapaannya, mengaku sangat beruntung dan bahagia sekali karena terakomodir pada segmen PBI. Apalagi di tengah kondisi kehidupan ekonomi yang dari hari ke hari kian menyulitkan.

Sebagai petani dengan penghasilan tidak menentu, Sinta dikelilingi dengan berbagai macam tuntutan kebutuhan hidup, dari urusan rumah tangga, pendidikan anak, kesehatan keluarga, serta pelbagai kebutuhan lainnya.

Biaya hidup yang mahal, sering membuat perempuan ini pasrah dengan keadaan. Jangankan untuk urusan pendidikan dan kesehatan yang sudah hampir pasti membutuhkan biaya besar, untuk urusan makan minum setiap hari saja, terkadang Sinta perlu banting tulang dan kerja keras.

“Untuk makan minum sehari-hari saja serba tidak berkecukupan. Karena itu bersyukur sekali pemerintah memberikan bantuan berupa Kartu Indonesia Sehat,” ungkap dia terharu.

Sinta sangat mengapresiasi kehadiran program JKN-KIS. Jika dia atau keluarganya sakit, tidak perlu kuatir lagi dengan biaya pengobatan.

Fakta ini, kata dia, membuat beban hidupnya berkurang. Dia tinggal fokus pada kebutuhan pendidikan anak dan kebutuhan rumah tangga.

Sambil itu dia berharap agar kesehatannya tetap terjaga. Dengan demikian iuran yang dibayarkan negara, bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang membutuhkan.

Melalui media ini, Sinta mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah setempat yang sangat memperhatikan jaminan kesehatan masyarakatnya melalui Program JKN-KIS.

Dia berharap program ini terus berkesinambungan dan perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini