Viktor Moratorium Pengiriman TKI ke Luar Negeri

0
517
Viktor Moratorium Pengiriman TKI ke Luar Negeri
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat;
Kupang-SuaraSikka.com: Sehari setelah dilantik, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat langsung bikin janji gebrakan. Selain moratorium tambang, politisi asal Partai Nasdem itu juga akan melakukan moratorium pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) asal NTT ke luar negeri.
Komitmen ini pun tidak main-main. Viktor berjanji akan berangkat ke Malaysia untuk mengajak TKI asal NTT agar kembali pulang membangun NTT. Dia meyakini akan memberikan tempat kerja yang tepat kepada TKI yang pulang.
“Saya akan pergi ke Malaysia untuk mengajak saudara-saudara kita yang menjadi TKI di Malaysia yang bekerja sebagai buruh, untuk kembali membangun NTT,” ucap Viktor kepada sejumlah wartawan di Bandara, Kamis (6/9).
Dia menginginkan mimpi besarnya untuk kebangkitan NTT, yakni harus punya tenaga kerja lokal yang terampil. Dan karena itu, buat dia dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi, para TKI harus menjadi pemilik di tanah  sendiri.
Viktor juga berjanji akan menghentikan seluruh aktivitas pertambangan di wilayahnya. Kebijakan itu adalah salah satu yang akan dia implementasikan dalam waktu dekat ini.
Selama moratorium itu, dia serta tim khusus akan meneliti apakah aktivitas pertambangan tersebut sudah memenuhi peraturan dan perundangan atau belum. Termasuk soal apakah aktivitas itu layak atau tidak. Viktor mengatakan, NTT merupakan daerah dengan kekayaan alam yang indah. Dia tidak mau aktivitas pertambangan merusak keindahan tersebut.
Seiring dengan itu, Viktor akan mengoptimalkan produksi pertanian dan peternakan. Dua sektor itu merupakan keunggulan komoditas dari NTT.
“Pertanian, karena lahan kering, kami akan dorong untuk multikultural. Kami serius pada multikultural. Program nasional kan ada jagung, padi dan kedelai,” ujar Viktor.
Viktor Bungtilu Laiskodat tiba di Kupang NTT, Kamis (6/9), usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta. Viktor datang bersama istri, Julie Sutrisno Laiskodat dan tiga orang putranya. Dia menggunakan jet pribadi miliknya. Viktor tiba di Bandara El Tari Kupang pada siang hari. Sedangkan Josef Nae Soi tiba lebih dulu di Kupang pada pagi hari.
Setelah tiba dan upacara adat Natoni dan tarian serta sejumlah pejabat di NTT, Viktor lalu menaiki mobil miliknya yang telah dipasang plat nomor DH 1. Mobil pribadi Viktor adalah Lexus varian LX 470. Viktor pun duduk di depan mobil sambil bercanda dengan sejumlah pejabat lainnya. Viktor kemudian bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Pulau Semau untuk mengikuti perayaan syukuran bersama keluarga besarnya.
Viktor Bungtilu Laiskodat adalah mantan anggota DPR RI dari Partai Nasdem. Dia berasal dari Pulau Semau. Semau adalah sebuah pulau yang terletak di perairan sebelah barat Pulau Timor, yakni di sebelah barat Kota Kupang. Pulau ini masuk ke wilayah administratif Kabupaten Kupang.
Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi yang diusung Partai Nasdem, Golkar, Hanura dan PPP, menang Pilgub NTT dengan perolehan 838.213 suara dan unggul di 15 kabupaten dan kota di provinsi yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia itu.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini